Congo Cafe Disidak Satgas Sektor 22, BatiOps; Seperti Ini Hasil Limbahnya
-->

Advertisement Adsense

Congo Cafe Disidak Satgas Sektor 22, BatiOps; Seperti Ini Hasil Limbahnya

60 MENIT
Senin, 16 Januari 2023

Tampak Peltu Aris Santoso (BatiOps Satgas Sektor 22 Citarum Harum) sedang berbincang dengan owner Congo Cafe (Benny Handry) pada pemeriksaan Ipal, Senin 16/01/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Penertiban Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus berlanjut, secara bertahap saat ini menindak Resto Cafe Congo beralamat di Sekepicung Rt. 03 Rw. 05 Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Senin 16/01/2023. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui BatiOps Peltu Aris Santoso bersama anggota, memeriksa langsung Ipal Congo Cafe sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Resto dan Galeri Kayu Antik. 


Pada hasilnya, limbah domestik yang dikeluarkan Congo Cafe sudah layak, dengan posisi pH : 7 air bening tidak berbau maupun tidak berbusa. 


Kondisi Ipal


"Limbah Congo Cafe sudah sesuai dengan bakumutu Ipal yang benar, walau diolah secara manual tapi sudak laik syarat dan boleh dibuang ke saluran umum, karena perusahaan ini sudah ada izin buang dari LH Pemda Kabupaten Bandung," ujar Aris. 


Pengolahan limbah manual yang laik syarat dengan menggunakan media saring berupa Ijuk, pasir malang dan arang ini, sudah sesuai dengan debit limbah yang dihasilkan. 


"Meski demikian kita mengganti media saringan limbah per dua Minggu sekali, ini kita lakukan supaya konsentrasi bakumutu ipal supaya stabil bagus," ujar Benny Handri selaku owner Congo Cafe. 


Hasil pemeriksaan kondisi limbah dengan pH 7.


Cafe Congo lebih cenderung ke bisnis makanan seperti layaknya resto, disamping itu menjual galeri kayu jati berupa meja dan kursi antik.


"Tamu kita tidak begitu banyak walaupun setiap hari ada, dan yang datang kemari mereka yang survay barang antik yang kita jual maka sekalian makan minimnya juga," imbuh Benny. 


Benny Handry seorang pemilik Congo Cafe sangat mendukung kinerja Satgas Citarum Harum Sektor 22, "Soalnya Ipal kita ini salah satu hasil binaan mereka, maka saya harap semua industri resto harus menjalani prosedur yang tepat, supaya limbah yang dibuang sesuai bakumutu," ujar Benny. 


(zho).