Wakili Dansektor, Letda Naibaho Hadiri Rakor 100% ODF Bersama Pemkot Bandung
-->

Advertisement Adsense

Wakili Dansektor, Letda Naibaho Hadiri Rakor 100% ODF Bersama Pemkot Bandung

60 MENIT
Kamis, 05 Januari 2023

Letda J. Naibaho (PasiOps Satgas Citarum Harum Sektor 22) pada rapat Rakor Persiapan Pendampingan Tim ODF Provinsi Jawa Barat, Balai Kota Bandung, Kamis 5/01/2023 (zhovena).


60MENIT.co.id, Bandung | Letda Jukiman Naibaho, PasiOps Satgas Citarum Harum Sektor 22 mewakili Dansektor menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pendampingan Tim Open Defication Free (ODF) Provinsi Jawa Barat bertempat di Ruang Rapat Asisten Pemkesra Setda Kota Bandung Jalan Wastukencana No 02 Balai Kota Bandung, Kamis 5/01/2022.


Giat ini diinisiasi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Bandung  melibatkan para unsur dinas terkait yang dilengkapi oleh pemerintah kewialayahan yaitu Camat dan Lurah se Kota Bandung.


Menurut Letda Jukiman Naibaho, pada rapat koordinasi ini berisikan pembahasan bahwa Pemkot Bandung berkeinginan supaya pencapaian 100% ODF bisa terealisasi Tahun 2023, dengan upaya memaksimalkan target pembuatan Seftick Tank komunal dan upaya lain terhadap masyarakat. 


"Pencapaian 100% ODF di Kota Bandung sampai saat ini masih belum maksimal, namun melalui rapat koordinasi ini seluruh jajaran dinas terkait bisa bersatu padu dalam peraihan suksesinya dengan cara apapun," kata Naibaho. 


Letda Jukiman Naibaho menyesuaikan dengan tugas pokok Dang fungsinya sebagai Satgas Citarum Harum, yaitu menjalankan marwah Kepres 15/2018 sebagai landasan pergerakan di lapangan dalam upaya mengembalikan sungai yang bersih dan sehat. 


Bukan sebuah kebetulan dengan adanya 100% ODF di Pemkot Bandung, tapi hal ini atas hasil persuasif dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang terus menggempur paradigma seluruh pihak terutama pemerintah daerah supaya bisa bergerak bersama-sama dalam perwujudan Marwah Perpres 15/2018 tersebut. 


Monitor acuan materi rapat.


"Kita selalu koordinasi dan sosialisasi atas tujuan aksi yang kita lakukan sebagai Satgas Citarum Harum Sektor 22, terutama kepada pemerintah daerah supaya bisa satu jalan dan satu tujuan dalam menciptakan keutuhan, kebersihan dan kesehatan sungai, maka ini hasilnya di beberapa wilayah Kota Bandung ODF nya sudah mencapai 100%," ujar Naibaho. 


Pencapaian tersebut hasil dobrakan Satgas Citarum Harum Sektor 22, selanjutnya berhasil melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan limbah domestik baik sampah rumahan maupun limbah tinja yang dibuang masyarakat langsung ke sungai. 


Letda Jukiman Naibaho menambahkan bahwa untuk pencapaian 100% ODF ini sangat dibutuhkan kesadaran warga secara maksimal, karena sampai saat ini masih banyak rumah di kisaran bantaran sungai yang membuang tinjanya tanpa tampungan seftick tank yang benar. 


"Kita berharap kepada seluruh masyarakat bantaran sungai di Kota Bandung, supaya bisa sadar untuk bisa membuat Seftick Tank di rumahnya masing-masing, karena betapa pentingnya kondisi sungai yang bersih dan sehat salahsatunya untuk mencegah Stunting bagi generasi penerus bangsa, juga supaya sungai bisa menjadi sumber hidup dan penghidupan," tutup Naibaho. 


(zho)