Warga To’tallang, Kolut, Protes PT CSM Patok Pal Batas di Kebunnya
-->

Advertisement Adsense

Warga To’tallang, Kolut, Protes PT CSM Patok Pal Batas di Kebunnya

60 MENIT
Kamis, 14 Desember 2023

Abd Rasid dan Patok batas CSM (redaksi 60menit)

60Menit.co.id, Kendari | Warga Desa To’tallang, Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara (Kolut), bernama Abd Rasid, memprotes pihak PT. Citra Silika Mallawa (CSM), sebuah perusahaan tambang, lantaran telah memasang patok tapal batas lahan konsesi masuk ke dalam kebun miliknya. Lahan ini berada dalam wilayah Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua. 


Protes ini disampaikan warga yang akrab dipanggil Bapa Bio kepada awak media, baru-baru ini. Menurut dia, dirinya baru mengetahui pemasangan patok tapal batas itu saat ia turun langsung menyaksikan, setelah menerima laporan dari istrinya. Sang istri, sebelumnya mencium ada gelagat mencurigakan sejumlah orang bergerak ke arah kebunnya membawa material. 



Saat mereka ditanya material itu untuk apa dan apa yang mau dibuat, jawabannya untuk membuat patok IUP. “Saya tanya untuk apa itu, mereka bilang untuk bikin patok. Saya tanya patok apa dia bilang patok IUP. IUPnya siapa dia bilang Riota. Saya tanya kita tahu kah itu siapa yang punya kebun dia bilang kita ini cuma disuruh bu,” ungkap Mama Bio sambil mengingatkan mereka itu. 



Dengan tindakan pihak CSM, tegas Rasid, ia berencana akan menyurati Kepala Desa Sulaho, Muhammad Nasir, agar segera memanggil dan menegur manajemen CSM serta meminta untuk mencabut patok yang ditanam itu. Di atas patok permanen itu terdapat tulisan “PT CITRA SILIKA MALLAWA TANDA BATAS KAB. KOLAKA UTARA”. Juga tertulis, “KW 2 E 39”, serta peringatan, “MILIK NEGARA DILARANG MERUSAK DAN MENGGANGGU TANDA BATAS INI”. 


(anto)