Transparan Pimpin Tana Toraja, Theofilus Allorerung Dapat Pujian
-->

Advertisement Adsense

Transparan Pimpin Tana Toraja, Theofilus Allorerung Dapat Pujian

60 MENIT
Selasa, 19 Maret 2024

Tampak Jansen Saputra Godjang (kiri) dan Baliho APBD Tana Toraja Tahun Anggaran 2024 (redaksi 60menit.co.id)


60Menit.co.id, Makassar | Tidak terasa, jabatan Theofilus Allorerung selaku Bupati Tana Toraja, berakhir tahun ini, tepatnya Nopember 2024. Selama memimpin Tana Toraja, Theofilus Allorerung telah banyak berkarya dengan berbagai capaian positif yang ditorehkan. Dengan mengakhiri masa jabatannya nanti berarti mantan Inspektur Sulsel ini terhitung sudah dua periode memimpin Tondok Maelo, Tana Toraja. 


Yang menarik, dalam memimpin, Theofilus lebih mengedepankan asas transparansi, terutama dalam soal anggaran dan program kegiatan yang ada. Hal ini diaminkan Ketua FKPPI Tana Toraja, Jansen Saputra Godjang. Ditemui di Makale, Selasa (19/3), Jansen mengatakan, pihaknya tidak heran dengan transparansi anggaran dalam pengelolaan APBD Tana Toraja di bawah kepemimpinan Theofilus Allorerung. 


Bandara Toraja Buntu Kunik di Mengkendek.


“Beliau selain ekonom juga mantan Inspektur di provinsi. Kemudian organisatoris, dan pernah aktif di organisasi gerejawi, kepemudaan dan mahasiswa. Saya kira inilah yang membentuk pribadi sosok Theofilus sehingga beliau punya kompetensi, punya kemampuan memimpin dengan leadership yang unggul,” ujar Jansen sambil berharap Bupati Tator kedepan mengikuti jejak Theofilus. 


Patung Yesus di Burake, objek wisata rohani di Tana Toraja.


Diketahui, berbagai karya Theofilus antara lain, seperti pembukaan pembangunan Bandara Toraja Buntu Kunik di Mengkendek, pembangunan objek wisata rohani Patung Yesus di Burake, objek wisata alam Pango-Pango dan lainnya. Objek Wisata Patung Yesus di Burake, kini banyak dikunjungi wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Efeknya sangat signifikan dalam memberi income untuk menambah PAD Tana Toraja. 


Objek Wisata Alam Pango-Pango di Tana Toraja.


Efek Theofilus yang sukses memimpin Tana Toraja ini, mau tidak mau membawa keberuntungan bagi Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg, Sp.A. Pasalnya, Zadrak dikabarkan ingin naik peringkat menjadi Cabup Tator pada Pilkada mendatang. Sedang Theofilus, setelah sukses menghantar istri, Yariani Somalinggi, terpilih menjadi Legislator Sulsel dari Partai Golkar, sementara ini akan beristirahat. Belum ada rencana lain. (anto)