GUGUS DHARMA KIANSANTANG KWARCAB GARUT RESMI DIKUKUHKAN

Advertisement Adsense

GUGUS DHARMA KIANSANTANG KWARCAB GARUT RESMI DIKUKUHKAN

Wak Puji
Minggu, 15 Desember 2019

Pengambilan Sumpah Tri Satya Pramuka pada pengukuhan Gugus Dharma "KIANSANTANG" Kwarcab Garut. (Foto : Istimewa)

60menit.co.id, Garut - Kabupaten Garut Rd. H. Ahmad Bajuri, SE. MM mengukuhkan Gugus Darma “KIANSANTANG” Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dilaksanakan di area Camping Ground Kawasan Gedung Bela Negara, jalan Cipanas Baru Garut. Sabtu (14/12)

Kak Bajuri menyambut baik serta mendukung pembentukan gugus darma Kiansantang yang diketuai oleh Kak Basuki Eko, SH, MH dengan struktur pengurus para aktifis senior pramuka di kabupaten Garut. Gugus darma Kiansantang diharapkan menjadi kekuatan tambahan dalam mengembangkan gerakan pramuka di Kabupaten Garut.
Penandatanganan Naskah Berita Acara Pengukuhan Gugus Dharma Kwarcab Garut (foto : Istimewa)
Kita ketahui gerakan Pramuka secara Struktural dengan nama Gugus Depan atau Saka. Tetapi aktivis pramuka yang diluar struktural memungkinkan untuk menjadi gugus darma. Mudah mudahan ada pelatihan gabungan saka sako dan gugus darma dikemudian hari. Ke depan ada orientasi untuk para Mabi dalam rangka penguatan gugus depan.

Pramuka Garut saat ini mempunyai tim SAR yang sudsh terbentuk sampai tingkat kecamatan. Mudah – mudahan beberapa saat lagi terbentuk Saka Baru yaitu Saka Amal Bakti bekerjasama dengan Kementerian Agama.

Dalam sambutannya kak UBE panggilan akrab H. Usep Basuki Eko SH, MH. menyebutkan pembentukan gugus darma Kiansantang ini telah lama direncanakan oleh tokoh-tokoh senior pramuka Garut. Ini merupakan bagian pengobat rindu kami untuk berkumpul dan beraktifitas ke Pramukaan.
Sengaja kami menamakan gugus darma ini dengan nama Kiansantang sebagai ciri identitas kabupaten Garut, ” paparnya.

H. Usep Basuki Eko, SH, MH

Sementara Wakil bupati Garut dr. Helmi Budiman yang juga Mabicab Kab. Garut mengatakan Pramuka harus menjadi pelopor pembangun karakter anak-anak kita. Sebagai apapun kita pasti tidak terlepas dari karakter yang dibentuk semenjak anak-anak. Maka setelah dewasa kita mengemban amanah untuk mendidik karakter bangsa kita dan anak-anak kita,” katanya.

Kak helmi bernostalgia. waktu sekolah SD selepas sekolah mengalami pendidikan alam terbuka yang biasa dilakukan oleh Pramuka. ” Saya hanya meniru Pramuka pada waktu itu dan ini menjadi bukti bahwa pramuka sangat berjasa pada pembentukan karakter kepada anak-anak,” ucapnya

Ia berharap Gugus Depan Kiansantang harus berorientasi pada pembentukan karakter masyarakat kabupaten Garut.
Mewakili masyarakat Garut berterima kasih kepada pramuka yang telah membentuk karakter masyarakat Kabupaten Garut serta menjadi pelopor pembangunan masyarakat kab Garut,” imbuhnya.

Senior pramuka Kak Utang Muhtar mantan bupati Sukabumi yang menjadi DHD 45 dalam sambutanya mengatakan pramuka menjadi pendidikan nilai dan pendidikan non formal dan formal disatukan menjadi pendidikan nasional.
Laksanakan undang undang karakter dan pramuka termasuk Gugus Depan Kiansantang juga harus menjadi pemeran utama pembentukan karkater,” ungkapnya


Acara dihadiri para tokoh pramuka kab Garut, Kab. Purwakarta, Tasikmalaya dan Bandung. juga para sesepuh perwakilan ormas Gugus Depan dan Sako juga Saka. Kab. Garut. (Djie)