Ma Icih Menanti Bantuan Dari Pemerintah Dalam Kesehariannya

Advertisement Adsense

Ma Icih Menanti Bantuan Dari Pemerintah Dalam Kesehariannya

Wak Puji
Senin, 23 Desember 2019


60menit.co.id, Garut ~ Sungguh miris dan ironis hidup yang dialami salah satu warga Kampung Barugantung RT 02 RW 11, Desa Sukamanah Kecamatan Bayongbong Garut, Jawa Barat, yang bernama Icih (70) yang akrab disapa Ma Icih.

Sosok nenek satu ini tinggal seorang diri di sebuah gubuk yang kondisinya sudah tidak layak huni. Selain itu, Ia sudah enam tahun mengalami stroke. Untuk menyambung hidupnya, Ma Icih hanya menunggu uluran tangan tetangga sekitarnya.

Selain itu rumah yang ditempatinya, merupakan hasil swadaya masyarakat. Itupun sudah lama, sebelum Desa Sukarame dipecah menjadi Desa Sukamanah.

Ma Icih menuturkan kalau dirinya sudah lama ditinggal oleh suaminya karena meninggal dunia. Lalu kedua anaknya sudah tidak tinggal di Garut. Senin (23/12)

“Satu tinggal di Tasik, satu lagi tinggal di Sumedang,” ucapnya.

Sambil meneteskan air mata, Ma Icih bercerita kalau dirinya sampai saat ini tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat.
Kondisi rumah ma Icih

“Sampai detik ini, saya tidak menerima bantuan dari pemerintah, baik BPNT PKH ataupun jaminan kesehatan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan, benar kalau Ma Icih tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

“Sungguh ironis dan miris melihat nasibnya, sampai pemerintah setempat tidak mengetahui hal itu, selama ini kemana pemerintah tersebut,” katanya. (Djie)