DPC PDI Perjuangan Garut bergotongroyong bersama warga bersihkan sampah sungai Cimaragas
-->

Advertisement Adsense

DPC PDI Perjuangan Garut bergotongroyong bersama warga bersihkan sampah sungai Cimaragas

Wak Puji
Minggu, 30 Agustus 2020


Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Yudha Puja Turnawan Turun langsung membersihkan sampah di sungai cimaragas. (Photo : istimewa)

60menit.com
, Garut - Antisipasi datangnya musim penghujan, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut bersama warga kampung Dayeuh handap RW 04 Kelurahan kota kulon kecamatan Garut kotamembersihkan Sungai Cimaragas yang merupakan anak Sungai Cimanuk. Minggu (30/8/2020).

Kegiatan ini dilakukan mengingat persiapan musim penghujan yang akan datang dan dimusim kemarau ini sangat cocok kita membersihkan sampah-sampah di sungai agar tidak menimbulkan bencana dikemudian hari, sehingga DPC PDI Perjuangan Garut membersihkan sungai dan anak-anak sungai dari ranting-ranting pohon yang berserakan dan sampah di permukaan sungai yang dapat menghambat mengalirnya air juga dapat menimbulkan banjir.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Garut Yudha Puja Turnawan langsung turun tangan bersama jajarannya ikut serta membersihkan sampah yang menumpuk di sungai Cimaragas.

 “Kita Bersama warga membersihkan sungai cimaragas dari tumpukan sampah yang membuat aliran sungai menjadi tersendat….di wilayah Dayeuhandap RW 04 Kelurahan Kotakulon Kecamatan Garut Kota. Jika saluran pembuangan air sudah dipenuhi sampah dan limbah, maka hal tersebut dapat berujung dengan penyebaran berbagai macam penyakit,” kata Yudha yang juga anggota DPRD Garut fraksi PDI Perjuangan.


“Lingkungan yang bersih memang sulit untuk diterapkan apabila tidak adanya rasa kesadaran dari setiap individunya. Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua orang. Biasakan untuk hidup sehat dimulai dari kebersihan di sekitar, karena budaya bersih dan sehat akan mendatangkan banyak keuntungan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya,” sambung Yudha.

Selanjutnya, Yudha Puja Turnawan menghimbau kepada masyarakat selalu menjaga lingkungan agar selalu bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kelestarian lingkungan agar aliran sungai selalu bersih.

Sungai Cimanuk dan anak sungainya menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat, oleh karena itu kita harus menjaganya dari pencemaran baik sampah rumah tangga maupun limbah dari indusri. Kita jaga alam maka alam akan menjaga kita, selogan ini menjadi acuan dan semangat DPC PDI Perjuangan Garut dalam bekerja sehingga kita selalu peduli dan aktif menjaga lingkungan agar terhindar dari dampak pencemaran tersebut.