Untuk menangkal banjir pangdam III / Siliwangi ajak masyarakat merawat situ
-->

Advertisement Adsense

Untuk menangkal banjir pangdam III / Siliwangi ajak masyarakat merawat situ

Wak Puji
Selasa, 25 Agustus 2020


60menit.com,  Bogor - Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengajak masyarakat untuk merawat situ seiring rencana revitalisasi tujuh situ bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kita juga minta masyarakat ikut merawat agar manfaat situ bisa dirasakan oleh masyarakat, karena ini kan penampungan air," ujarnya saat berkunjung ke Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (24/8).

Ia meminta kepada masyarakat dan pemerintah daerah setempat agar bersama-sama menjaga kelestarian situ dan lingkungan di sekelilingnya.

"Selain melakukan pendalaman, kita juga melepaskan puluhan kilogram benih ikan air tawar ke dalam situ tersebut dan penanaman bibit pohon," tuturnya.

Pangdam Nugroho mengunjungi tiga situ di lokasi berbeda saat mengunjungi Bogor, yaitu Situ Tlajung Ilir di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Situ Cibuntu di Kompleks Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, dan Situ Cilala di Desa Jampang, Kecamatan Kemang.

Kodam III/Siliwangi bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merevitalisasi tujuh situ di Kabupaten Bogor, Jawa Barat demi menangkal banjir.

"Tahun ini kita kembangkan tujuh situ untuk mengembalikan fungsi situ tersebut. Situ semakin lama mendangkal. Padahal situ adalah cadangan air bagi warga sekitar," ujar Pangdam.

Menurut dia, revitalisasi situ dilakukan agar fungsi situ sebagai sumber daya air dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengantisipasi kekeringan air dari wilayah hulu hingga hilir.