Cegah Covid-19, Mahasiswa KKNT UPI Purwakarta Sosialisasikan pentingnya kebiasaan 3M kepada Siswa SDN 2 Babakan Cikao
-->

Advertisement Adsense

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKNT UPI Purwakarta Sosialisasikan pentingnya kebiasaan 3M kepada Siswa SDN 2 Babakan Cikao

60 MENIT
Rabu, 09 Desember 2020

Nihda Meiftah Farhani (PGSD 2017) Kelompok 8.

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKNT UPI Purwakarta Sosialisasikan : pentingnya kebiasaan 3M kepada Siswa SDN 2 Babakan Cikao.

Oleh : Nihda Meiftah Farhani (PGSD 2017) Kelompok 8.


Penerapan protokol kesehatan adalah hal yang penting dan wajib dilakukan oleh setiap orang ditengah pandemi saat ini. Edukasipun sangat penting dilakukan untuk dapat menumbuhkan kesadaran setiap orang mengenai pentingnya menjaga diri dari paparan virus corona, untuk menekan angka penularan yang terus meningkat setiap harinya. 


Misalnya dimulai dari kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


Setiap warga negara dari semua kalangan dan usia memiliki potensi untuk tertular virus corona, tidak terkecuali siswa sekolah dasar. 


Masih rendahnya kesadaran menjaga kebersihan dapat menjadi salah satu sebab mudahnya anak usia sekolah tertular virus corona apabila tidak diberikan pemahaman mengenai cara menjaga dirinya dari kebersihan dan berbagai macam virus. 


Disini peran guru, orang tua dan masyarakat sangat penting untuk memberi contoh dan pemahaman mengenai upaya pencegahan diri dari penularan virus covid-19.


Dalam rangka menjalankan kegiatan KKNT tahun 2020 ini, Mahasiswa UPI Purwakarta Nihda Meiftah Farhani (PGSD 2017) Kelompok 8 dengan DPL Bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T., mensosialisasikan pentingnya kebiasaan 3m kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Babakancikao yang terletak di Jalan Industri Rt 05/03 Babakancikao, Purwakarta, Jawa Barat.


Adalah dengan membuat konten video mengenai tata cara pelaksanaan 3m sebagai upaya pencegahan penularan virus covid-19. Kegiatan ini masih berjalan dari tanggal 17 November 2020 hingga akhir masa KKNT di tanggal 17 Desember 2020. 



Evy Mulyani selaku Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud mengatakan, bahwa pihaknya telah berkoodinasi dengan seluruh kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten / kota, mensosialisasikan protokol kesehatan 3M untuk siswa dengan cara yang menyenangkan melalui pesan singkat atau video edukasi mengenai 3M. 


Edukasi penerapan protokol kesehatan 3M ini dilakukan secara daring mengingat bahwa tingkat penularan covid-19 yang semakin meningkat tiap harinya maka pihak LPPM UPI memberikan instruksi untuk melaksanakan seluruh kegiatan KKNT secara daring.


Pada usia siswa sekolah dasar, mereka merupakan cerminan dari lingkungan sekitarnya. Anak anak mudah menyerap dan mengikuti apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Terlebih lagi, kebanyakan anak usia sekolah dasar cenderung lebih tertarik kepada media yang menarik mata misalnya lewat media visual atau audio visual dibandingkan dengan media tulisan saja. 


Maka edukasi mengenai 3M dapat lebih mudah diterapkan jika anak anak melihat dan mendengarnya secara berulang-ulang. Dengan pembuatan video edukasi ini diharapkan dapat membantu peran guru, orang tua dan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan 3M kepada siswa Sekolah Dasar. Dan juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan kesehatan bersama demi menekan angka penularan virus covid-19.


Banyak sarana yang dapat digunakan sebagai upaya pengembangan kreativitas dalam rangka mengedukasi masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan 3M. Salah satu contohnya adalah melalui penggunaan media audio visual. 


Penggunaan media video ini banyak dipakai oleh masyarakat sebagai salah satu media edukasi covid-19 karena penggunaannya yang mudah, menarik dan menyenangkan. Sejalan dengan program wajib KKN UPI Purwakarta yakni membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19. 


Saya membuat video edukasi mengenai protokol kesehatan 3M yang saya post di channel youtube saya, lalu menyebarkannya di group whatsapp orang tua dan siswa SD kelas IV sebagai salah satu bentuk pembelajaran mengenai protokol kesehatan. 


Diharapkan video edukasi ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk siswa SD saja tetapi bermanfaat juga untuk semua masyarakat, berikut link nya : https://youtu.be/Vn5mssfnfWM


( NMF )