Pencegahan Virus Corona Dengan Menjaga Kebersihan dan Menerapkan 3M di Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Pencegahan Virus Corona Dengan Menjaga Kebersihan dan Menerapkan 3M di Masyarakat

60 MENIT
Rabu, 02 Desember 2020

60menit.co.id| Intan Chintyawati. A.

Pencegahan Virus Corona Dengan Menjaga Kebersihan dan Menerapkan 3M di Lingkungan Masyarakat.

Oleh : Intan Chintyawati. A
NIM : 1705098
Kelompok : 3
DPL : Dr. Hafiziani Eka Putri, M.Pd.


Cikarang, kab. Bekasi, perkenalkan nama saya Intan Chintyawati. A 1705098. Saya  Mahasiswi dari Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta (UPI) yang tergabung dalam KKN tematik pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19.


Melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 secara daring yaitu dengan memberikan mereka media edukasi berupa gambar atau video tentang pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 dan juga kita harus memberitahukan kepada mereka melalui penyaluran media berupa poster untuk masyarakat.


Untuk memberitahukan ini kepada masyarakat harus melalui aplikasi media seperti whatsapp, telegram, instagram, twitter dll. Dari sosialisasi ini memberitahukan kepada mereka tentang cara mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar, cara menggunakan masker dengan cara yang baik dan benar, dan selalu mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar.


Bersih dari kuman dan virus dan termasuk menjaga jarak ini termasuk dari standar WHO. Dalam sosialisasi ini ditujukan kepada siswa dan masyarakat di SDN karangrahayu 02 Kec. Karang Bahagia Kab. Bekasi.


Tujuan di kegiatan ini adalah supaya siswa dan masyarakat dari desa karangrahayu ini tahu bahwa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan supaya terhindar dari coronavirus (COVID-19) dan masyarakat dikampung ini agar tahu pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar, memakai masker dengan cara yang baik dan benar dan juga menjaga jarak 1 meter.


Pada giat ini kami sajikan pula program membuat hand sanitizer dari aloevera dan alkohol 70% dan cara membuat masker, cara pembuatan ini juga dikirim melalui bentuk video untuk dibagikan kepada masyarakat melalui telegram, whatsapp, instagram, youtube dll. 



Pandemi COVID-19 ini menyebabkan KKN tematik kali ini dilaksanakan secara individu di desa masing – masing yaitu dengan tetap mematuhi protokol yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hal yang paling umum dilakukan di dalam KKN tematik pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 ini adalah memberikan edukasi dan demonstrasi seputar COVID-19 kepada siswa dan masyarakat disekitar SDN karangrahayu 02.


Sesuai dengan aturan COVID-19 yaitu di rumah masing – masing, maka dari itu seluruh mahasiswa/i universitas pendidikan indonesia  melaksanakan KKN penyuluhan dengan secara daring. Dan sebelumnya seluruh mahasiswa/i yang ikut serta KKN tematik ini yaitu 347 orang akan melakukan KKN tematik pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19, membuat video edukasi pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 dan membuat video sumber belajar yang akan diberikan kepada siswa.


Mahasiwa/i universitas pendidikan indonesia memberikan edukasi dan demonstrasi pencegahan COVID-19 secara online untuk kalangan anak – anak, remaja, dewasa, dan lansia.


Program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat supaya lebih produktif  dan mampu memanfaatkan sumber daya yang ada. Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh Dr. Hafiziani Eka Putri, M.Pd., selaku dosen pebimbing lapangan, dan kegiatan KKN tematik COVID-19 ini berlangsung selama 30 hari terhitung dari sejak 17 november 2020.