Serma Hendra Dili, Satgas Sektor 22 Sub 03 Pimpin Pembersihan Sungai Citepus Pamoyanan
-->

Advertisement Adsense

Serma Hendra Dili, Satgas Sektor 22 Sub 03 Pimpin Pembersihan Sungai Citepus Pamoyanan

60 MENIT
Selasa, 26 Januari 2021

60menit.co.id | Tumpukan sampah di Sungai Citepus wilayah Rw 08 Kel. Pamoyanan Cicendo, sedang dilakukan pembersihan oleh Satgas Sektor 22 Sub 03 Citarum Harum, Selasa (26/01).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sub 03 Sektor 22 membersihkan sampah Sungai Citepus wilayah Rw 08 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo, Selasa (26/01/2021).


Sungai Citepus yang melintas wilayah tengah perkotaan, masih kedapatan sampah rumahan yang banyak, fakta ini memperlihatkan masih ada warga yang belum mengerti makna dan manfaat kebersihan sungai dan lingkungannya. 


Ketika satgas sub 03 yang dipimpin oleh Serma Hendra Dili, karya bakti pembersihan sungai jangan sampai jadi tontonan warga, namun inisiatif kepedulian itulah yang harus tumbuh. 


"Pembersihan di Sungai Citepus RW 08 Pamoyanan ini sepanjang (-/+)100 M sampah terangkat hingga 250kg. Artinya sampah yang berkeliaran bebas masih banyak," ujar hendra. 


Karya bakti ditengah masyarakat

Perlu ada kebangkitan warga dalam sikap gotongroyong, prilaku tempo dulu adalah terjun ikut melakukan karya bakti, namun saat ini yang dibutuhkan gotong royong pada prilaku tidak membuang sampah ke sungai.


Sikap ini selalu dienduskan oleh satgas citarum melalui Komunikasi Sosial (komsos). Yaitu door to door sambang warga menyampaikan sosialisasi ideu edukasi tentang kepedulian untuk bisa mengolah sampah yang benar. 


Hasil sampah yang terangkat

"Hari ini kami melaksanakan komsos kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan, dengan tema mensosialisasikan Program Citarum Harum, bersama warga yaitu Pa Adang dan Pa Dudin, dengan harapan beliau bisa menyebar luaskan ke warga yang lainya," kata Hendra. 


Setiap satgas Citarum Harum sektor 22, selalu mengagendakan patroli sungai dan pengecekan limbah, hal yang sama dilakukan pula oleh Sub 03.


(zho)