Serma Hendra, Satgas Sektor 22 Sub 03 Menggiring Pasukannya Rapihkan Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Serma Hendra, Satgas Sektor 22 Sub 03 Menggiring Pasukannya Rapihkan Sungai Citepus

60 MENIT
Kamis, 21 Januari 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Sub 03 Citarum Harum, bersihkan Sungai Citepus, Kamis (21/01/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Gerilya pemeliharaan sungai dari kebersihan sampah dan sedimentasinya, Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 03 dipimpin Serma Hendra Dili terus dilakukan. 


Serma Hendra membawa pasukannya melanjutkan pembersihan sungai citepus di RW 04 Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo dari sampah dan mengangkat sedimentasi yang menahun. 


Ia mengatakan, "Sepanjang 100 meter dan sampah terangkat 100kg di buang ke TPS terdekat," ujarnya.


Sungai Citepus baik wilayah hulu dan hilir suka terjadi luapan arus yang tinggi, banjirnya hingga pernah merobohkan beberapa rumah. 


Serma Hendra dan pasukannya berupaya untuk mengangkat sedimentasi yang membuat penyempitan pada sungai. 


"Upaya ini merupakan meminimalisir terjadinya banjir, karena bila dibiarkan sedimentasi ini akan membesar, kita bisa lihat kondidinya saat ini sungai mengalami kedangkalan bahkan ada juga yang membuat penyempita nsungai," ujar Hendra. 


Keterangan Hendra merupakan bukti yang ia lakukan saat patroli sungai, sehingga kondisi sungai setiap hari bisa termonitor.


Memperhatikan masih adanya sampah berceceran di sungai, Hendra bersama pasukan melaksanakan komunikasi sosial (komsos) kepada warga, secara dialogis agar tidak buang sampah sembarangan.


"Mereka supaya lebih faham marwah Program Citarum Harum, maka kami mensosialisasikannya, hari ini kami sampaikan kepada, Bu Imas dan Bu Ipeh sebagai warga bantaran yang sering tercecer sampahnya," katanya. 


(zho)