Terbukti Indah, Sungai Membelah Kota Bandung Pasca Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 14
-->

Advertisement Adsense

Terbukti Indah, Sungai Membelah Kota Bandung Pasca Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 14

60 MENIT
Jumat, 19 Maret 2021

Sungai Cikapundung Wil. Bandung Kidul (poto by zhovena)
60menit.com | Sungai Cikapundung Wilayah Bandung Kidul Tampak Indah, dengan kelokan menukik di hapit kirmir yang bersih, Jumat (19/03/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Sungai Cikapundung wilayah Kecamatan Bandung Kidul, tepatnya di Kelurahan Kujangsari makin tampak indah setelah kirmirnya dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum sektor 22 Sub 14, dipimpin oleh Pelda Ujang Spriatna, Jumat (19/03/2021).


Keberadaan sungai di bentangan area Kota Bandung, rata rata memiliki dasar karakter yang indah bahkan bisa dijadikan pemandangan alam bagi warga domestik, sebagai penghilang penat pengukir assa menunda jenuh bila dilestarikan keindahannya akan membangkitkan paktor ekonomi yang tidak sedikit. 


Ucapan itu terlontar oleh Dansub 14 sektor 22 Citarum Harum (Pelda Ujang Supriatna) pasca pembersihan kirmir Sungai Cikapundung wilayah Bandung Kidul Kota Bandung. 


Ia mengatakan, utamanya sungai sungai besar yang ada di Kota Bandung jika dipelihara dengan baik kebersihannya, penataannya sudah bagus maka akan muncul aura destinasi wisatanya. Maka inilah Kota Bandung yang terkenal dengan keindahannya. 


"Saya sebenarnya takjub oleh jalur dan bentangan sungai sungai yang ada di Kota Bandung, namun saat ini perlu perawatan yang serius jika untuk mengembalikan keindahan kota Bandung yang asli adanya," tutur Ujang. 


Faktual memang, tautan bentangan sungai yang panjang dengan kelokan yang indah jika semua sungai  diprogramkan untuk destinasi wisata, juga tujuan Pemkot Bandung ingin meningkatkan Index Kebahagiaan warganya akan mudah diraihnya. 


Ini terbukti pasca Satgas Citarum Harum sektor 22 terjun untuk operasi pada kebersihan tiap sungai diseluruh pelosok Kota Bandung, termasuk beberapa sungai besar yang membelah Kota Bandung. 



"Beberapa hari ini kami bersama anggota membersihkan kirmir di beberapa sungai wilayah Bandung Kidul, rata rata terpandang bagus jika kondisinya bersih, mungkin akan bertambah betah warganya, utamanya mereka akan terbawa memelihara kebersihannya jika kondisi ini dipertahankan," imbuh Ujang


Pembersihan hari ini, satgas mengangkat rumput liar menumbuhi kirmir sebanyak 100Kg hanya sepanjang 50 M sungai, artinya pembersihan yang akut dan perlu keseriusan, bila dibiarkan kirmir akan kalah tergerus korosi akar rumput. 


"Tentunya kami selalu menjaga dari perawatan sungai yang perlu apresiasi dari para pihak, maka kami lakukan komunikasi sosial dengan warga sekitar dengan tema peduli kebersihan sungai dan area nya," kata Ujang. 


Harapan Satgas Citarum akan pasti terwujud jika para pihak saling mendukung diawali dengan edukasi yang tercipta dengan gerak bersama sama untuk mencapai bersih dan sehatnya sungai. 


(zho)