Kolonel Eppy Gustiawan, Mengapresiasi Demplot Padi Sawah di Gedebage
-->

Advertisement Adsense

Kolonel Eppy Gustiawan, Mengapresiasi Demplot Padi Sawah di Gedebage

60 MENIT
Kamis, 22 April 2021

60menit.co.id | Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) menghadiri Sosialisasi Dmplot Padi di Pesawahan Riung Bandung, milik Kecamatan Gedebage, Kamis (22/04/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., mensurvay Demonstrasi Plot (Demplot) padi yang berada di belakang Komplek Riung Bandung, wilayah Gedebage, Kamis (22/04/2021).

Sebuah acara yang digelar oleh Camat Gedebage (Jaenudin, AP, M.Si.,) pada pertunjukan bermakna sosialisasi sebagi upaya meningkatkan sumber ketahanan pangan di tengah maraknya pembangunan yang mengikis lahan pertanian sawah di Kota Bandung. 

Pada gagasannya, Kolonel Eppy Gustiawan sangat mengapresiasi pada aparat kewilayahan telah berupaya untuk menyelamatkan produsi pertanian dari wilayah perkotaan, selain maningkatkan ketahanan pangan kuga akan menyeimbangkan kondisi alam dari kerusakan iklim.

"Salah satu bentuk untuk menarik minat masrarakat atau petani dalam membudidayakan tanaman padi sawah secara organik, maka kami dari satgas Citarum Harum sangat mengapresiasi pembuatan demplot percontohan yang berlokasi di wilayah gedebage, Kota Bandung pada umumnya," kata Eppy. 

Demplot ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat atau petani dalam bercocok tanam secara organic dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan hasil produksi khususnya tanaman padi sawah ditengah hiruk pikuknya perkotaan. 

Penyelamatan lahan pesawahan di Kota Bandung, sudah ada upaya yang dilakukan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dengan tema kawasan pertanian terpadu "Sekemala Integrated Farming" di Jalan Sekemala, Kecamatan Ujungberung untuk memotifasi para petani sawah yang masih bertahan selama ini. 



Kolonel Eppy menambahkan, selain penyelamatan ketahanan pangan, lahan pertanian akan memertahankan keselamatan alam, yaitu keseimbangan Oksigen yang sangat dibutuhkan, juga memertahankan struktur agregat tanah dari keseimbangan alam. 

"Keselamatan alam yang membutuhkan keseimbangan agregat tanah dengan aerasinya, akan berpengaruh melalui lahan pertanian namun hal ini perlu ditanami tanaman keras di galengan pesawahan supaya ada keserasian lenyimpanan air tanahnya," saran Dansektor 22.

Kolonel Eppy lebih berharap lagi hasil yang diperoleh pada demplot padi sawah organik ini bisa menghasilkan bulir padi yang bagus sesuai yang diharapkan, yaitu dengan teknik tanam jajar yang sesuai aturan ahli pertanian. 


Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan yang pokok, juga bisa meningkatkan tarap perekonomian para petani sawah, sehingga mereka bisa termotifasi adanya Demplot Padi sawah di gedebage. 


Camat Gedebage yang menggelar sosialisasi demplot padi sawah ini menghadirkan para aparat dinas terkait yang disertai tokoh masyatakat dan stekholder di Kota Bandung. 


(zho)