Serma Mikdan, Satgas Sektor 22 Sub 15 Kembangkan Bibit Pohon Keras dan Hidro Ponik
-->

Advertisement Adsense

Serma Mikdan, Satgas Sektor 22 Sub 15 Kembangkan Bibit Pohon Keras dan Hidro Ponik

60 MENIT
Rabu, 07 April 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22Sub 15 (pembibitan) melakukan pemindahan bibit tanaman ke polybag, Rabu (7/04).

60MENIT.co.id, KBU Cimenyan | Sub 15 (pembibitan) sektor 22 Satgas Citarum Harum, melakukan pemeliharaan bibit tanaman keras dan buah buahan, bertempat di Dago Resort Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Rabu (7/04/2021).


Dipimpin Serma Mikdan Arif Pramono (Dansub 15/22), pada pemeliharaan bibit tanaman banyak yang harus dilakukan, selain pemupukan, pemilahan, penggburan media tanam, pengibatan juga daya ukur suhu yang cocok buat bibit tanaman. 


"Hari ini kami memindahkan bibit tanaman pohon keras dari area penyemaian ke media tanam folybag Nurcesrry, karena usia penyemaian sudah cukup dan terlihat bibit tanam sudah meninggi," kata Mikdan. 


Penyesuaian ukuran media tanam bisa berubah ubah, yaitu disesuaikan dengan usia bibit tanaman, dan ini sangat memengaruhi pada tingkat kesuburan tanaman. 



Tanaman subur jika berada di media tanam yang kecil maka akan menjadikan kekerdilan pada pohon.


"Kita menyemai bibit tanaman keras sudah 2 bulan kebelakang, tingkat tumbuh bibit termasuk normal maka kami pindahkan ke media yang baru supaya daya tumbuh tanaman normal, apalagi ini buat penghijauan di dataran tinggi KBU," imbuh Mikdan. 


Di subsektor 15-22 juga turut mengembangkan pola tanam hidro ponik, yaitu pengembangan tanaman sayuran sebagai upaya ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 


Mikdan menambahkan, perawatan tanaman hidro ponik terus ditingkatkan pula, jika ada suksesi yang jelas maka pola tanam ini akan dikembangkan di tiap wilayah. 


"Sebenarnya pola tanam hidro ponik disini masih dalam tahap percobaan, sesuai arahan Komandan Sektro 22 (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) bahwa ini akan dikembangkan di kewilayahan seperti program Buruan Sae di Pemkot Bandung," tukasnya. 


(zho)