Bersihkan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 16 Dilanjutkan Olah Kompos
-->

Advertisement Adsense

Bersihkan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 16 Dilanjutkan Olah Kompos

60 MENIT
Minggu, 09 Mei 2021

60menit.com Membersihka Sungai Legoknangka, Lembang, Minggu (9/05/2021).


60MENIT.co.id, Lembang | Serma Epi Nana Rukmana, Dansub 16 sektor 22 Citarum Harum membawa pasukannya untuk membersihkan Sungai Legok Nangka, wilayah Rw 15  Desa Sukajaya Kecamatan Lembang, Minggu (9/05/2021).


Kecamatan Lembang terkenal sebagai daerah pertanian sayuran dan susu murni, sungai dibutuhkan untuk mengairi lahan pertanian dengan kondisi air sungai yang bersih. 


Satgas sektor 22 sub 16 memerangi prilaku masyarakat yang masih membuang limbah ke sungai.


"Yang kita hadapi di Kecamatan Lembang selain kebersihan sungai, juga yang paling dominan adalah Kotoran Hewan, setiap hari air solokan selalu berwarna hijau tercemar," ujar Epi Nana. 


Tumpukan sampah sebelum dibuang. 

Tingkat kebersihan sungai yang mesti butuh pemeliharaan ekstra, satgas sektor 22 selalu berupaya dengan melakukan pembersihan secara langsung juga sosialisasi kepada warga. 


Pembersihan di wilayah ini satgas berhasil mengangkat sampah sebanyak 150 Kg. Dengan paling banyak sampah rumput liar. 


"Tebing sungai banyak ditumbuhi rumput liar, kami bersihkan sekira 250 M itupun sudah banyak sampah yang kita ambil," uiar Epi Nana. 


Pengolahan kompos


Sungai yang membentang melintasi Wilayah Lembang selain untuk mengairi lahan pertanian juga sangat dibutuhkan oleh peternak buat membersihkan kandang ternak juga untuk memandikannya.


Permasalahan pencemaran sungai masih berlangsung, satgas sektor 22 melakukan upaya menguranginya dengan mproduksi kompos. 


Produksi kompos sudah berjalan lama dengan hasil digunakan untuk menyuburkan penghijauan di wilayah Cimenyan. 


Selain itu, "Kompos ini kami juga menggunakannya sebagai penyubur lahan sub pembibitan sektor 22, mudah mudahan warga peternak bisa meniru yang kami lakukan sehingga bisa mengurangi tingkat pencemaran oleh Kohe," kata Epi Nana. 


(zho)