Percepat Suksesi Citarum Harum, Dansub 16 Sektor 22 Edukasi Warganya Disamping Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Percepat Suksesi Citarum Harum, Dansub 16 Sektor 22 Edukasi Warganya Disamping Produksi Kompos

60 MENIT
Minggu, 30 Mei 2021

60menit.co.id Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 16 melakukan pengolahan kompos, Lembang, Minggu (30/05/2021).


60MENIT.co.id, Lembang | Sektor 22 sub 16 satgas Citarum Harum di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, aktif memroduksi pupuk alam yaitu Kompos sebagai pemanfaatan daya guna dari kotoran sapi.


Pada pembuatannya, Serma Eppy Nana Rukmana (Dansub 16-22) mendirika tempat pembuatan kompos di lahan kosong, berdekatan dengan kandang pemilik kelompok tani peternak sapi, Minggu (30/05/2021).


"Dengan cara ini kita tidak susah mengangkut kotoran sapi, bahkan sambil memantau keseimbangan daya produksi kompos dengan banyaknya kotoran sapi yang ada setiap harinya, sebagai tolak ukur kami," ujar Epi


Pembuatan kompos sudah berjalan sebelum lama adanya sagas Citarum Harum, hasil kajian Dansektor 22 saat itu. Untuk mengeleminir tingkat pencemaran lingkungan dan sungai.


Salahsatu solusi untuk pemanfaatan kotoran hewan di wilayah Lembang yaitu dengan cara memroduksi kompos. 


"Kompos ini utamanya bagi kami adalah mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh Kotoran Sapi, dan manfaatnya banyak sekali yaitu buat pemupukan di subsektor 17 bahkan ada juga petani disini suka membutuhkan buat pemupukan," ujar Serma Epi. 


Satgas sub 16 tidak terpaku oleh pembuatan kompos, ia terus bergerak sesuai fungsinya sebagai sathas Citarum Harum. 


"Sebagai upaya kami untuk memercepat suksesi program Citarum Harum, kepada warga selalu selakukan sosialisasi tentang percepatan bersih dan sehatnya sungai, maka dengan ini saya berharap prilaku masyarakat bisa cepat terkondisikan mencintai kebersihan sungai," ujar Epi.Nana.


(zho)