Kampanye Kebersihan Lingkungan, Kolonel Hudiono Libatkan Warga Bersihkan Jalan Raya Pacet
-->

Advertisement Adsense

Kampanye Kebersihan Lingkungan, Kolonel Hudiono Libatkan Warga Bersihkan Jalan Raya Pacet

60 MENIT
Minggu, 13 Juni 2021

60menit.co.id Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 3 melaksanakan karya bakti di jalan raya Pacet, Minggu (13/06/2021).

60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Satgas Citarum Harum sektor 03, mengajak warga untuk melakukan karya bakti pembersihan sampah di Jalan Raya Pacet.


Karya Bakti ini Menurut Dansektor 03 (Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd.,) sengaja mengajak warga dan aparat wilayahnya, supaya mereka makin peduli untuk mencintai kebersihan lingkungan. 


"Sekarang sudah saatnya masyatakat dan aparat di kewilayahan sadar terhadap pentingnya kebersihan lingkungan, selain mengacu kepada pola hidup sehat juga sampah sampah ini akan terbawa ke sungai membuat macet saluran dan banjir jika hujan," ujar Dansektor 3, Minggu (13/06/2021).



Tindakan satgas citarum harum berpayung hukum kepada Perpres No. 15 Tahun 2018, yaitu tentang Percepatan Penanggulangan Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai.


Hal ini perlu dirujuk dengan kebersihan lingkungan dari berbagai limbah supaya tidak mengotori sungai, maka aparat pemerintah pun perlu bersama bergerak untuk mewujdkannya. 


Satgas sektor 3 bergerak melalui karya bakti langsung di lapangan, juga sosialisasi kepada masyarakat mengenalkan makna program Citarum Harum yang dilengkapi dengan isian Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dienduskan oleh Mentri Kesehatan.


Hal ini terjadi, tercermin kepada warga masyarakat masih ada yang belum sadar atas pentingnya hidup bersih dan sehat. 


"Karya bakti merupakan sosialisasi mental bagi masyatakat dan aparatnya, dengan harapan mereka jera, sehingga berubah paradigma menuju prilaku lebih mencinta kebersihan," singkat Dansektor 3.


Satukan kekuatan visi melalui apel pagi sebelum karya bakti. 

Dengan banyaknya sampah rumahan tercecer dipinggiran jalan, upaya edukasi kepada warga oleh Dansektor 3 sudah dilakukan, baik pada sosialisasi dialogis edukasi paradigma, maupun melalui karya bakti merupakan sosialisasi mental buat warga. 


Kendati demikian satgas tidak berhenti disini, bahkan lebih masif mendengungkan kampanye pola hidup bersih dan sehat. 


Dikesempatan aksi karya bakti, satgas melontarkan pesannya kepada warga supaya tidak membuang sampahnya semabarangan, yaitu menganjurkan kepada aparat kewilayahan supaya bisa memfasilitasi warganya dengan membuat bak tempat pembuangan sementara (TPS) di lingkungan masing masing. 


(zho)