Yermia (Kadisdik) Torut: Satuan Pendidikan, Jalin Kemitraan yang Baik terhadap Insan Pers
-->

Advertisement Adsense

Yermia (Kadisdik) Torut: Satuan Pendidikan, Jalin Kemitraan yang Baik terhadap Insan Pers

60 MENIT
Sabtu, 12 Juni 2021

60menit.co.id| Foto: Yeremia TM, Kadisdik Torut (kiri) dan Erlin, Insan Pers (kanan). Foto bersama di kegiatan kantor Bupati Mobile di lapangan Buntu Datu Lembang Pitung Penanian, Torut, Rabu (9/6/2021).

60MENIT.co.id, Toraja Utara | Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Toraja Utara (Torut) Yermia T.M Marewa, SE., M.Si mengharapkan agar satuan pendidikan bermitra baik dengan insan pers.


Melalui kemitraan tersebut, kata Yermia, dapat mengangkat atau mempublikasikan kemajuan sekolah kita khususnya yang ada di pelosok Toraja Utara.


"Misalnya ada rumor dari pengawas, kepala sekolah atau guru mengatakan bahwa kerjasama publikasi dan dokumentasi dibatasi karena instruksi dari Disdik Torut, itu tidak benar dan harus disikapi lebih bijak lagi. Sebab Disdik Torut tidak bisa mengintervensi terkait kebijakan tersebut," ujar Yermia di ruang kerjanya, Kamis (10/6).


Menurut Yermia, Dinas Pendidikan hanya memberikan imbauan kepada insan pers, silahkan kerjasama atau berlangganan publikasi dan dokumentasi dengan media cetak maupun online. Jika anggarannya ada dan dibutuhkan, silahkan.


Lanjut kata Yermia, ia pun mengatakan, misalnya anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) itu semua ada peruntukannya, Itu demi peningkatan mutu pendidikan. 


Selain itu, sambung Yermia, apalagi kegiatan kantor bupati mobile gencar dilakukan oleh Bupati terpilih Ombas, jadi sekolah-sekolah bisa lebih inovatif dan edukatif. Sekaligus tetap menjaga kebersihan sekolah.


"Disinilah peran media dapat mempublikasikan terobosan-terobosan apa yang dilakukan oleh setiap sekolah, dalam rangka 100 hari program kerja pak bupati Ombas. Seperti halnya menjaga kebersihan, mematuhi protokol kesehatan saat tatap muka," ujar Yermia baru-baru ini.


Intinya, satuan pendidikan dalam hal ini sekolah-sekolah mestinya paham untuk menjalin kemitraan dengan baik khususnya terhadap media, sebab peran media sebagai wahana publikasi, dokumentasi dan edukasi sebagai jendela informasi bagi khalayak publik.


(Erlin/Arie)