Dansektor 03, Kolonel Hudiono Selamatkan Lahan Kritis Dengan Pemeliharaan Pohon Keras
-->

Advertisement Adsense

Dansektor 03, Kolonel Hudiono Selamatkan Lahan Kritis Dengan Pemeliharaan Pohon Keras

60 MENIT
Selasa, 27 Juli 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum sektor 03, melakukan pemeliharaan Tanaman Keras Hasil Tanam Satgas di Gunung Mandalahaji, Selasa (27/07/2021)

60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Sektor 03 Citarum Harum melaksanakan perawatan pohon hasil tanam satgas di lahan kritis Gunung Mandalahaji, Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Selasa (27/07/2021).


Menurut Dansektor 03 Citarum Harum, Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., lahan kritis ini sudah lama dibiarkan maka dengan adanya kami dari satgas Citarum Harum bergerak untuk mengembalikan hijaunya alam.


"Sesuai tugas kami untuk mengembalikan sungai yang bersih dan sehat, jelas perlu pendukungnya yaitu penghijauan oleh Tanaman Keras untuk mengembalikan Bank Air Tanah," ujar Hudiono. 


Dansektor 03 Citarum Harum pun menambahkan, dengan terhimpunnya Bank Air di dalam tanah (air tanah) maka kondisi air sungai akan normal, yaitu jika musim kemarau tiba tidak akan terjadi kering dan akan membuka sumber mata air lainya. 



Keuntungan lainnya pada penghijauan oleh tanaman keras adalah agregat tanah akan seimbang, yaitu aerasi tanah dengan tekstur tanah menjadi balance maka akan menunjang daya serap air yang cukup tidak akan terjadi longsor maupun banjir jika musim hujan tiba.


Penghijauan tanaman keras melalui satgas Sektor 03 Citarum Harum, Kololel Hudiono memberikan instruksi kepada anggotanya, bahawa semua itu perlu adanya pemeliharaan.


"Semua orang bisa melakukannya jika hanya untuk menanam pohon, jaminan untuk tumbuh sesuai dengan yang diharapkan jelas perlu adanya pemiharaan, maka lebih rumit pemeliharaannya daripada menanam," imbuh Hudiono. 



Jelas segala sesuatu itu ada hambatan untuk mencapai tujuan, termasuk pada pemeliharaan pohon. 


Yaitu jika musim kemarau tiba sangat susah didapatkannya air, sedangkan area tanam berada di tempat ketinggian dan jauh dari sungai, maka tanaman yang gagal tumbuh itu pasti ada. 


Dansektor 03 mensiasatinya dengan jelang musim hujan dilakukan musim tanam, dengan cara ini tanaman yang ia tanam dijamin tumbuh dengan baik sejumlah 80%, ini sebuah hasil yang maksismal. 


"Dan bagi satgas pun tidak berat untuk melakukan pemeliharaanya, hanya melakukan pemupukan dan pembersihan gulma saja," ujar Hudiono. 


Dansektor 03 itu pun menyerukan ajakan kepada warga setempat supaya bisa andil turut ikut dalam pemeliharaannya, sebagai upaya dalam penyelamatan alam. 


(zho)