Karya Bakti Pembersihan Sampah, Kolonel Hudiono Terapkan STBM Kepada Warga Cikoneng
-->

Advertisement Adsense

Karya Bakti Pembersihan Sampah, Kolonel Hudiono Terapkan STBM Kepada Warga Cikoneng

60 MENIT
Senin, 19 Juli 2021

 
60menit.co.id Komandan Sektor 03 Citarum Harum, Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., memantau pembersihan Sampah, Kp. Cikoneng Kec. Ciparay, Senin (19/07/2021). 


60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Satgas Citarum Harum sektor 03 yang dikomando oleh Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., melaksanakan karya bakti di Desa Cikoneng Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Senin (19 /07/2021).


Karya bakti meliputi pembersihan sampah di pinggir jalan dipimpin langsung oleh Dansektor 3 dan Kades Cikoneng (Pak Bram) pelaksanaannya dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Bandung.


Kolonel Hudiono menyampaikan, bahwa yang menjadi sasaran pada karya bakti ini adalah membersihkan Tempat Penapungan Sampah Sementara (TPS) Desa Cikoneng.


"Ini kami lakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup sambil membawa Kepala Desanya, yaitu bertujuan supaya aparat dan dinas terkait kedepanya lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan," jelas Hudiono. 


Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., bersama Kades Desa Cikoneng. 

Adalah merupakan edukasi kepada para pihak dari Dansektor 03 supaya memperhatikan kebersihan lingkungan dengan perawatan kebersihan yang rutin, terutama aparat kewilayahan harus memberikan edukasi kepada warga dan unsur terkait bidang kebersihan. 


Dansektor 03 memberikan paparan sebelum dilaksanakannya karyabakti, ia menerangkan bahwa perlunya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat yang harus masif dibimbing oleh aparat dan dinas terkait. 


"Jika masyarakat terus dituntun dan diarahkan pada pola hidup sehat dan bersih, sesuai dengan anjuran mentri kesehatan maka Insha Alloh lama kelamaan akan terbentuk karkater yang sesuai dengan yang kita harapkan," jelas Hudiono. 



Tidak lepas disitu, Kolonel Hudiono pun mengenalkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), adalah sebuah ajaran kepada semua masyarakat untuk membentuk paradigma yang peduli kebersihan yang diawali oleh pribadinya, sehingga pola hidup sehat dan bersih bisa langsung diciptakan.


Kepala Desa Cikoneng (Bram) Kecamatan Ciparay sangat berterimakasih kepada Dansektor 03, karena selain membawa lingkungan Desa Cikoneng menjadi bersih, juga kami merasa diajak bangkit untuk menerapkan PHBS dan STBM kepada masyarakat. 


(zho)