Kolonel Hudiono Terapkan PHBS, Melalui Aksi Pembersihan Sampah di Pinggir Jalan
-->

Advertisement Adsense

Kolonel Hudiono Terapkan PHBS, Melalui Aksi Pembersihan Sampah di Pinggir Jalan

60 MENIT
Rabu, 28 Juli 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 03 Citarum Harum, membersihkan sampah pinggir jalan, wilayah Desa Maruyung, Desa Cipeujeuh dan Desa Tanjung Wangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Rabu (28/07/2021).

60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 03 yang dikomando oleh Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., melakukan pembersihan sampah di pinggir jalan dari 3 desa, yaitu Desa Maruyung, Desa Cipeujeuh dan Desa Tanjung Wangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Rabu (28/07/2021).


Pembersihan dilakukan, menurut Dansektor 03 (Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd.,) yaitu sebagai aksi peduli kebersihan yang dipertontonkan kepada para pihak sebagai aksi sosial cinta kebersihan oleh satgas citarum harum dari kalangan TNI. 


"Hal ini kami lakukan karena merasa iba dan cinta kepada kebersihan, ini kawasan kami yaitu Sektor 03 Citarum harum maka harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, terutama sebagai TNI biasanya mudah ditiru oleh warga dan aparatnya," ucap Hudiono.


Kolonel Hudiono memberikan kesan kepada warga bahwa TNI adalah sebagai Tulang Punggung Rakyat, hal ini benar adanya karena TNI lahir sebagai Manunggal Rakyat. 


Sebagai Komandan Sektor 03 Citarum Harum,  Kolonel Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., sikap kemanunggalan ini terus diterapkan kepada anggotanya. 



Menurutnya sebagai Satgas Citarum Harum yang menjalankan Perpres No. 15 Tahun 2018 yaitu tentang Percepatan pencegahan pencemaran limbah dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai, bahwa kebersihan lingkungan sebagai pendukung suksesinya.


"Cita cita dari program ini adalah menciptakan kebersihan sungai dari berbagai macam limbah, pembersihan sampah dipinggir jalan sangat bersentuhan dengan Program Citarum Harum, karena bila disapu air hujan sampah sampah ini akan turun ke sungai pula," ujar Hudiono. 


Kolonel Hudiono menambahkan bahwa masyarakat jangan dibiasakan membuang sampah sembarangan, pembuang sampah di pinggir jalan biasanya lebih lebih membuang sampah ke sungai. 



Penerapan hidup bersih dan sehat (PHBS) oleh satgas Citarum Harum sektor 03 terus dilakukan, yaitu melalui aksi pungut sampah sebagai edukasi moral kepada masyarakat dan melakukan sosisialisasi program Citarum Harum kepada warga dan aparatnya merupakan edukasi. 


"Sosialisasi kepada masyarakat sudah kami lakukan, bahkan hari hari kedepanpun sudah dijadwalkan, pada sosialisasi ini kami libatkan aparat kewilayahan dan pemerintah daerah, untuk memastikan warga ini kami merekrut nara sumber dari dinas terkait sesuai fungsinya," kata Hudiono. 


Pembersihan kali ini satgas Sektor 03 Citarum Harum sengaja dijadwalkan untuk pungut sampah di pinggir jalan dari Kecamatan Pacet menuju arah Kecamatan Majalaya, dengan harapan kehadiran Satgas Citarum Harum di wilayah ini lebih di ketahui masyarakat terutama membimbing pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat dan aparat kewilayahan.


(zho)