Bersihkan Sungai Ciroyom, Satgas Sub 03 Sektor 22 Kawal Pembangunan Ipal Komunal
-->

Advertisement Adsense

Bersihkan Sungai Ciroyom, Satgas Sub 03 Sektor 22 Kawal Pembangunan Ipal Komunal

60 MENIT
Kamis, 12 Agustus 2021

60menit.co.id | Satgas Sub 03 sektor 22 melaksanakan pembersihan Sungai Ciroyom di Rw 04 Kel Kamika kec. Bojongloa Kaler, Kamis (12/08/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Gerakan pembersihan sungai oleh Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 03, dilakukan di Sungai Ciroyom Rw 04 Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler, Kamis (12/08/2021).


Eksekusi pembersihan sungai di lapangan oleh satgas sektor 22 bertujuan sebagai ajakan moral kepada warga maupun aparat kewilayahan. 


Pembersihan Sungai Ciroyom dipimpin oleh Dansub 03 (Serka Wahyu) mengarahkan anggotanya selain pengangkatan sampah domestik juga pembersihan kirmir sungai. 


"Yang kami lakukan ini sebagai isyarat buat warga maupun aparatnya bahwa pemeliharaan sungai itu harus serius jangan setengah setengah, karena jika dibiarkan baik sampah domestik maupun rumput liar ini sebagai kotoran sugai," kata Wahyu. 


Satgas sektor 22 pada upaya menghadirkan sungai yang sehat dan bersih ini berikut membenahi fasilitasnya, yaitu menggerakan pemerintah supaya membangun Ipal Komunal sebagai pencegah ngalirnya berak manusia langsung ke sungai.


Ipal komunal ini dibangun di wilayah bantaran sungai setiap kelurahan dengan menggunakan dana sanimas, yaitu pendanaan husus untuk pembangunan Ipal Komunal dan TPS3R.


"Kami selalu mengawasi pelaksanaan pembangunannya, supaya tidak ada kecurangan dari pihak pemborong dan mengawal kelancarannya," imbuh Wahyu. 


Sebagai pendorongan keyakinan warga pada program citarum harum, satgas sektor 22 menguatkan dengan kominikasi sosial, yaitu menyampaikan sosialisasi supaya warga tidak membuang sampah dan beraknya ke sungai.


(zho)