Dansektor 3 Citarum Harum, Kolonel Chandra Wirawan : Reboisasi Lahan Kritis Perlu Perawatan Oftimal
-->

Advertisement Adsense

Dansektor 3 Citarum Harum, Kolonel Chandra Wirawan : Reboisasi Lahan Kritis Perlu Perawatan Oftimal

60 MENIT
Sabtu, 28 Agustus 2021

60menit.co.id | Dansektor 3 Citarum Harum (Kolonel Inf. Chandra Wirawan) meninjau langsung lahan kritis di kp Loa desa Mandala haji Kecamatan Pacet Kab. Bendung, Sabtu (28/08/2021)

60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Dansektor 3 Citarum Harum (kol. inf. Chandra Wirawan) meninjau langsung lahan kritis di kp. Loa Desa Mandalahaji Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Sabtu (28/08/2021).


Peninjauan ini sebuah kontroling hasil tanam mandiri satgas sektor 3 di beberapa bulan ke belakang, sebagai upaya untuk mengembalikan penghijauan lahan kritis akibat perkembangan iklim yang tidak menentu. 


Kolonel Chandra Wirawan mengatakan, penanaman pohon keras di lahan kritis ini sangat perlu pemeliharaan yang optimal, karena sudah biasa terjadi disetiap acara penanaman pohon tidak dilakukan perawatanya. Maka hasil tanam tersebut tidak ada artinya. 


"Kita fokuskan untuk melakukan perawatan pohon hasil tanam kami di bulan yang lalu, agar tumbuh maksimal sesuai dengan rencana dan lahan kritis bisa subur dan hijau kembali," ujar Kolonel Chandra. 



Ia menambahkan, tujuan dari reboisasi di lahan kritis ini sebagai manfaat untuk menjaga keseimbangan alam, karena membutuhkan waktu yang lama untuk menyeimbangkan kembali paradigma masyarakat agar dapat menjalani kehidupan lebih baik. 


"Reboisasi juga memiliki keunggulan mencegah terjadinya banjir, akar pohon akan terlindungi oleh tanah dan air sehingga kondisi alam akan normal dan memgurangi bencana yang biasa terjadi," imbuh Chandra. 


Tindakan ini merupakan mitigasi bagi alam itu sendiri dan masyarakat sebagai penerima manfaat dari hasil reboisasi tersebut. 


Untuk itu Kolonel Chandra berharap keterlibatan masyarakat dan elemen yang lainya harus bisa brjibaku dalam mewujudkan suksesi reboisasi yang diprogramkan oleh satgas sektor 3 Citarum Harum. 



Pada kesempatan tersebut anggota satgas melakukan pembersihan tanaman dari gulma (rumput liar) agar hasil tanam anggota sektor 3 bisa tumbuh dan terawat.


Seperti biasanya pohon hasil tanam ada beberapa yang gagal tumbuh, hal ini diperkirakan dampak dari tidak ada hujan, namun banyak pula pohon yang tumbuh subur sesuai dengan karakternya. 


Pada kunjungannya Dansektor 03 didampingi staf sektor 3 (Serka Fathurohman) dan Dansubsektor 2 Mandalahaji (Sertu Kustiawan).


(zho)