Wakil Walikota Bandung Didampingi Kadis DPU Tinjau Banjir di Cipedes
-->

Advertisement Adsense

Wakil Walikota Bandung Didampingi Kadis DPU Tinjau Banjir di Cipedes

60 MENIT
Senin, 30 Agustus 2021

60menit.co.id | Kadis DPU Kota Bandung, Ir. Didi Ruswandi, S.T., M.T., mendampingi Wakil Wali Kota pada kunjungan banjir di Kelurahan Cipedes, Senin (30/08/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana didampingi Kadis DPU Kota Bandung (Ir. Didi Ruswandi, S.T., M.T.,) bersama Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,) meninjau banjir di Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi, Senin (30/08/2021).


Banjir di wilayah ini akibat dari letak geografis rumah tersebut berada di bawah, ditambah tumpukan sampah domestik yang membuat sempit sungai juga ada lilitan kabel di bawah jembatan.


Menurut Wakil Wali Kota Bandung, warga harus dibiasakan tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sungai, jika sudah jadi bencana banjir seperti hari ini maka pemerintah juga yang disalahkan. 


"Kan sudah ada program mengelola sampah dengan benar, dan itu akan menuntun kepada keselamatan maupun kesehatan warga itu sendiri, kebiasaan buruk seperti ini perlu diperbaiki dengan pola hidup bersih dan sehat, supaya mereka hidup tenang, nyaman dan aman," ujar Yana.


Pola hidup bersih dan sehat akan menuntun warga kepada kebesihan lingkungan dan sungai, sehingga warga akan terjamin dari bencana banjir maupun penyakit akibat bakteri.


Kang Yana, sapaan Wakil Wali Kota Bandung menambahkan, walau demikian pihak pemerintah akan mengupayakan karya bakti di wilayah sungai, diutamakan supaya aliran sungai tidak terhambat. 


Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel Eppy Gustiawan menyimpulkan segenting apapun kondisi kewilayahan supaya tidak mengakibatkan bencana banjir maka warga harus membiasakan hidup apik dalam mengelola sampah, supaya sampah tidak masuk ke aliran sungai. 


"Rutinitas perawatan sungai perlu di aktifkan karena ini merupakan mitigasi, terutama pembersihan sampah yang bisa menyumbat aliran sungi, disamping itu pola hidup warga harus terbiasa apik dalam mengelola sampah, sehingga sampah bisa tuntas di rumah masing masing," kata Eppy. 



Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Ir. Didi Ruswandi, S.T., M.T., akan cepat melakukan tindakan di wilayah sungai ini. "Insha Alloh mulai besok tim lapangan DPU akan bergerak membersihkan sampah dan benda yang menghambat aliran sungai, minimal kabel kabel itu akan di rapihkan," ujar Kadis DPU. 


Giat ini dihadiri oleh, Dansektor 22 Citarum Harum, Wakil Wali Kota Bandung, Kadis DPU, Camat dan sekcam Kecamatan Sukajadi, Lurah Cipedes dan Waka Polsek Sukajadi. 


(zho)