Mewujudan Ipal Komunal, Satgas Sektor 22 Sub 03 Fokus di Pengawasan
-->

Advertisement Adsense

Mewujudan Ipal Komunal, Satgas Sektor 22 Sub 03 Fokus di Pengawasan

60 MENIT
Jumat, 24 September 2021

60menit.co.id | Pengawasan pembangunan Ipal Komunal di wil sub 03 sektor 22, Jumat (24/09/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Pendisiplinan prilaku menahun warga pada pembuangan tinja (berak) yang selama ini langsung ke Sungai, Satgas Sektor 22 Citarum Harum melakukan pengawasan pembangunan Ipal Komunal. 


Seperti hari ini, Jumat (24/09/2021) Satgas Sub 03 melakukan pengawasan pembangunannya di wilayah bantaran Sungai Citepus Rw 07 Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo.


Kepada awak media Sertu Suritno (Dansub 03) mengatakan, pengawasan ini berbentuk pengawasan supaya pembangunan ini sesuai spek yang benar menurut aturan Ipal Komunal. 


"Berawal dari penertiban pembuang tinja warga, ternyata masih banyak yang membuangnya ke sungai, maka kami bersama pemerintah bekerja sama memrogramkan pembuatan Ipal Komunal," kata Suritno. 


Satgas sektor 22 bertujuan bahwa program ini untuk mewujudkan bersih dan sehatnya sungai. 


Penertiban pembuangan tinja ini satgas bergerak diseluruh wilayah sungai Kota Bandung. Ditemukan kontaminasi air sungai tercemar oleh bakteri ekoli dengan kandungan tingkat tinggi. 


"Oleh karena itu kita serius mengawasinya, hal ini akan menunjang keberhasilan program Citarum Harum," imbuh Suritno. 


Warga bantaran sungai, notabene hidup paspasan sehingga program Citarum Harum menggiring pihak Sanimas untuk menyelesaikan polemik yang berkepanjangan di Kota Bandung. 


Menurut penelitan pihak Dinas Kesehatan dengan adanya tingkat pencemaran tinggi oleh tinja manusia ini bisa berakibat Stunting bagi warga berusia Balita. 


"Sebenarnya merupakan program majemuk yaitu pihak pemerintah mencegah Stunting, sebagai motornya adalah kita dari satgas yang serius ingin mengembalikan sungai bersih dan sehat," ujar Suritno.


Didorong oleh program Citarum Harum maka pemerintah mudah bergerak. Menurut pantauan media bahwa gerakan Satgas Citarum Harum bisa membantu mensukseskan cita cita Pemeribtah Daerah Kota Bandung. 


Dengan adanya irisan tujuan ini maka Pemkot Bandung meningkatkan kolaborasi dengan satgas dalam menertibkan kebersihan sungai dan lingkungan.


(zho)