Dansektor 03 Citarum Harum, Kolonel Chandra Wirawan Edukasi Warga Desa Tanjungwangi
-->

Advertisement Adsense

Dansektor 03 Citarum Harum, Kolonel Chandra Wirawan Edukasi Warga Desa Tanjungwangi

60 MENIT
Sabtu, 16 Oktober 2021

60menit.co.id | Kolonel Chandra Wirawan (Dansektor 03 Citarum Harum) pada sosialisasi di Desa Tanjungwangi Kec. Pacet Kabupaten Bandung, Sabtu (16/10/2021).


60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Dansektor 03 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Chandra Wirawan melakukan Sosialisasi Program Citarum Harum di Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Sabtu (16/10/2021).


Mendasar kepada Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018 yaitu tentang Percepatan Penanggulangan Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Kolonel Inf. Chandra Wirawan mengenalkan kepada masyarakat di wilayah kerjanya.


Perpres 15 Tahun 2018 ini dijadikan program Citarum Harum, yang harus diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat supaya bisa merubah paradigma yang dilakukan sehari-hari yang berkaibat kotor dan baunya sungai oleh pencemaran limbah baik limbah kimia maupun limbah padat domestik.


"Saya yakin jika masyarakat sudah faham dan mengerti betapa perlunya sungai yang bersih dan sehat, mereka akan memerlukan sungai dengan baik dan benar, yaitu tidak lagi membuang sampah ataupun limbah kimia lainya ke sungai," ujar Chandra.



Upaya keras yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 03 untuk mengembangkan prilaku yang terpuji sebagi acuan masa depan yang cemerlang bagi generasi bangsa yang tangguh untuk memajukan negara, harus berbekal kesehatan yang mumpuni sejak dini. Maka pengondisian tata lingkungan yang harus terus dibenahi.


Hal ini berawal dari masyarakat sendiri, yaitu memperlakukan kondisi alam harus bersih dan sehat. Sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak, tidak seperti saat ini hanya dinikmati segolongan masyarakat saja.


Kolonel Chandra Wirawan menambahkan, hasil sosialisasi ini yang hadir supaya bisa menyampaikan pula kepada warga lainya, supaya bisa diketahui oleh umum bahwa adanya Satgas Citarum Harum merupakan kesatuan penyelamat lingkungan dan sungai.


Menurutnya bahwa suksesi Citarum Harum membutuhkan pergerakan bersama, yaitu antara pemerintah, masyarakat, pengusaha, akademisi dan journalist, semua ini disebut kaum Pentahelix.



"Masyarakat Desa Tanjungwangi, merupakan salahsatu aset bagi suksesi perkembangan progres Citarum Harum, maka saya harap bisa menyampaikan hasil sosialisasi ini kepada warga lainya, termasuk anak dan keluarganya yang bisa menjadi sumber pembekalan pada cinta lingkungan dan sungai yang bersih," imbuh Kolonel Chandra.


Penerapan paradigma yang benar kepada masyarakat merupakan target utama, seperti yang dikatakan Kolonel Chandra Wirawan yaitu, "Perlunya bimbingan pada masyarakat supaya berprilaku tidak apa adanya, sehingga mereka bisa berbuat yang bermanfaat bagi lingkungan, karena alam ini perlu dijaga supaya alam bisa menjaga kita," tutup Kolonel Chandra.


Pada sosialisasi ini Kolonel Chandra Wirawan lebih mengarahkan kepada ahlak supaya warga mengerti tentang pengelolaan sampah yang benar dan menjaga hutan dari tanaman keras yang perlu dilestarikan.


(zho)