Jamin Kesehatan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 11 Lakukan Pengawasan Ipal Komunal
-->

Advertisement Adsense

Jamin Kesehatan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 11 Lakukan Pengawasan Ipal Komunal

60 MENIT
Minggu, 10 Oktober 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 11, melakukan pengawasan pembangunan Ipal Tinja Komunal, Minggu (10/10/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Di Kota Bandung maraknya pembanguan Ipal Tinja Komunal di setiap pelosok wilayah yang berdekatan dengan sungai. Hal ini bertujuan untuk menghentikan pembuangan tinja oleh warga ke sungai tanpa olah ipal yang benar.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selaku pencetus ideu pembangunan ini diakomodir oleh Pemerintah Kota Bandung, sehingga semua pembangunan Ipal Tinja Komunal ini diawasi oleh satgas supaya hasilnya sesuai dengan spesifikasi Ipal.


Adalah anggota Satgas Sub 11, yang dipimpin oleh Serma Abdulloh Fawzi melakukan pengawasan pembangunan di Kelurahan Cisaranten Wetan, Kelurahan Pasanggrahan, Kelurahan Cisurupan dan Kelurahan Pasirjati.


"Masing-masing pembangunannya mencapai 80% keatas, bahkan rata-rata sudah dikondisi 98%, artinya tinggal perapihan saja Ipal Komunal ini jadi dan bisa digunakan," jelas Serma Abdulloh Fawzi selaku Dansub 11.



Pembangunan Ipal Tinja Komunal di setiap pelosok Kota Bandung didanai oleh anggaran Sanimas, yaitu sebuah CSR khusus dalam penataan lingkungan, sebagai penerima manfaatnya adalah masyarakat secara langsung dan dikerjakan oleh pihak ke tiga warga setempat pula. Yaitu supaya netralitas pengguna anggaran bisa terserap langsung oleh masyarakat setempat.


"Kami hanya ditunjuk sebagai pengawas pembangunanya, dan ini sebagai bentuk tanggung jawab dari satgas selaku eksekutor di lapangan supaya Ipal Tinja Komunal segera di bangun, soalnya kondisi bakteri ekoli di setiap sungai sangat akut kandunganya," imbuh Abdulloh.


Satgas Sektor 22 bertujuan supaya kondisi setiap sungai dalam keadaan bersih dan sehat termasuk penghentian pembuang berak ke sungai.


Pada pembuatan Ipal Tinja Komunal ini permukaan atas dibentuk sedemikian rupa, yaitu supaya kelihatan menarik dan penghias lingkungan bahkan permukaan ini bisa digunakan kegiatan warga, seperti giat ibu-ibu PKK, Penimbangan Balita dan sebagainya karena Ipal ini tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap sehingga kenyamanan bisa terjamin.


Pembuatan Ipal Tinja Komunal, pemerintah bertujuan untuk membantu warga yang tidak mampu membuat Seftick Tank di rumahnya, sedangkan kebutuhan sehat ini berlaku bagi semua warga.


(zho).