Sefticktank Comunal di Karasak, Resmi di Syahkan Oleh Kolonel Eppy Gustiawan
-->

Advertisement Adsense

Sefticktank Comunal di Karasak, Resmi di Syahkan Oleh Kolonel Eppy Gustiawan

60 MENIT
Senin, 25 Oktober 2021

60menit.co.id | Kol. Inf. Eppy Gustiawan 


60MENIT.co.id, Bandung | Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22 Citarum Harum) meresmikan Sefticktank Comunal di Kelurahan Karasak Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung, Senin (25/10/2021). 


Permukaan Sefticktank Comunal ini, aparat kewilayahan karasak menjadikannya sebagai lahan kegiatan PKK include dengan Sanitasi Pedesaan, yang bersamaan diresmikan oleh Dansektor 22 Citarum Harum.


Pada kesempatan tersebut, Konek Eppy Gustiawan mengatakan Sefticktank Comunal merupakan pembangunan yang mendukug kelayakan menuju Bandung Kota Sehat.


"Diatas permukaan Sefticktank Comunal sama sekali tidak mengeluarkan bau tinja, maka disini bisa dijadikan kegiatan warga yang menjadi ajang positif bagi pembagunan kewilayahan, termasuk sanitasi pedesaan," kata Eppy.


Tampak permukaan Sefticktank Comunal di cat mural warna-warni dan layak guna.


Pembangunan Sefticktank Comunal sudah layak uji di daerah yang padat penduduk. Sehingga keberadaannya tidak memerlukan belanja modal. 


Hal yang sama diungkapkan pula oleh Camat Astanaanyar (Drs. Syukur Sabar), namun ia mengungkapkan lebih ke rasa berterima kasih ya kepada Dansektor 22 Citarum Harum. 


"Peresmian pembangunan ipal komunal (Sefticktank Comunal) merupakan salahsatu Program Citarum Harum yang marak dilaksanakan di seluruh pelosok wilayah Kota Bandung, adalah untuk menghentikan pencemaran air sungai oleh kotoran manusia," kata Syukur Sabar. 


Ia menambahkan, terjadinya pencemaran ini diakibatkan oleh warg itu sendiri, karena di rumahnya tidak memiliki sefticktank. 


Kejadian ini bertahun tahun terjadi dan belum mendapat solusi yang tepat dari pemerintah daerah. 


"Berkat adanya Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang memerjuangkan kesehatan dan kebersihan sungai maka di tahun ini terwujud sudah adanya Sefticktank Comunal yang begitu banyak manfaatnya," tutup Syukur Sabar. 


Kegiatan yang dihadiri oleh, Satgas Citarum Harum Sektor 22, Anggota DPRD Kota Bandung (Asep Mulyadi), Kapolsek Astananyar, DPKP3, Koramil Astanaanyar, Forum Astanaanyar Sehat dan KSM Astanaanyar. 


"Untuk mencapai Kota Bandung Layak Sehat, yang bersentuhan dengan Program Citarum Harum semoga setiap kewilayahan bisa mewujudkan sefticktank comunal, karena hal ini merupakan wujud dari sanitasi pedesaan yang perlu dibentuk oleh Pemerintah Kota Bandung," singkat Asep Mulyadi kepada awak media disat kegiatan ini. 


Pergerakan Satgas Citarum Harum Sektor 22 di Kota Bandung sudah terbukti keunggulannya dalam menata lingkungan yang bersih dan sehat termasuk sungai yang mengacu pada paradigma masyarakat.


(zho).