Solusi Kotoran Hewan Masih Belum Ada Putusan Pemerintah Pusat, Satgas Sub 16 Sektor 22 Masifkan Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Solusi Kotoran Hewan Masih Belum Ada Putusan Pemerintah Pusat, Satgas Sub 16 Sektor 22 Masifkan Produksi Kompos

60 MENIT
Minggu, 24 Oktober 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Citarum Harum Sektor 22 Sub 16, Olah Kompos Kotoran Sapi, Minggu (24/10/2021).


60MENIT.co.id, Kab.Bandung Barat | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 mengolah kompos dari kotoran hewan asal dari para peternak sapi di wilayah di kp. Pasirwangi Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang, Minggu (24/10/2021).


Pembuatan kompos oleh satgas sub 16 secara rutin diolah setiap hari sebagai upaya mengurangi tingkat pencemaran kotoran hewan ke wilayah sungai.


Sepeti yang dikatakan oleh Dansub 16, Serma Epi Nana Rukmana, bahwa tingkat pencemaran sungai oleh kotoran sapi ini sangat tinggi, dikarenakan Kecamatan Lembang sebagian besar adalah peternak sapi susu. 


"Akibat mayoritas warga di Kecamatan Lembang ini sebagai peternak sapi susu, sehingga berdampak pada pembuangan kotoran sapi sangat banyak dan mencemari sungai dan lingkungan," kata Epi.


Tingkat pencemaran yang diakibatkan kotoran sapi di Kecamatan Lembang ini hingga mengalir mengotori air sungai hingga ke Kota Bandung, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Cibeureum.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 tidak mungkin membunuh bisnis yang sudah berarti menghasilkan dan meningkatkan perekonomian warga. Namun disamping itu dampak yang signifikan sangat merugikan masyarakat banyak.


"Sebenarnya untuk menghentikan pencemaran sungai oleh kotoran sapi ini, satgas sektor 22 sudah mengupayakan hingga ke tingkat kementerian, dan sampai sekarang kita masih menunggu eksekusi penyelesaiannya," imbuh Epi.


Pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat masih mengolah pemecahan tentang permasalahan ini, namun sampai saat ini masih membutuhkan bantuan Pemerintah Pusat.


"Masalah ini masih ada dalam pembahasan tingkat atas, oleh karena itu untuk sementara kita terus meningkatkan produksi kompos sebanyak-banyaknya," ujar Epi.


Pembersihan sungai oleh satgas Sub 16 terus berjalan disamping produksi kompos di masifkan, hal ini merupakan jaringan satu paket dalam meningkatkan bersih dan sehatnya air sungai di Bandung Raya.


(zho)