Destinasi Wisata Lembang Nonogan Akan Dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno
-->

Advertisement Adsense

Destinasi Wisata Lembang Nonogan Akan Dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno

60 MENIT
Jumat, 19 November 2021

60menit.co.id | Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Torut ,Yorry Lesewengan,  saat disambangi di kediamanya, Kamis malam (18/11).


60MENIT.co.id, 
Tana Toraja | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dijadwalkan bakal hadir di Kabupaten Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut) pada Minggu (21/11/2021).


Kedatangan Sandiaga Uno bersama tim penilai dari kementrian selama tiga hari dari tanggal 21 s/d 23 November 2021. Guna melihat langsung potensi wisata yang dimiliki Toraja sebagai daerah destinasi wisata. Sekaligus memberikan penilaian lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2001 di Lembang Nonogan, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara.


Hal itu disampaikan oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Torut ,Yorry Lesewengan saat disambangi di kediamannya, Kamis malam (18/11/2021).

 

"Informasi yang kami peroleh dari pihak kementerian bahwa Sandiaga Uno akan berkunjung di Toraja selama tiga hari. Kegiatan yang akan dilakukan itu selama di Toraja tujuannya melakukan penilaian di Lembang Nonogan dan melihat destinasi wisata yang ada," ujarnya.


Selain itu, mereka juga akan mengunjungi atau melihat pelaksanaan vaksinasi massal yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu (21/11) di komplek Art Center Rantepao, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara.


"Jadi jadwal beliau itu menggunakan pesawat ke Toraja. Setibanya di Toraja, dia akan mengunjungi beberapa titik di Tana Toraja setelah itu beliau langsung meluncur ke Art Center Rantepao untuk melihat vaksinasi sekitar pukul 14.00 Wita," ungkapnya.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, usai kunjungan dari kota Medan, Danau Toba dan sekitarnya (kiri) dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Torut ,Yorry Lesewengan saat berada di lokasi Objek Wisata Buntu Pempon, di Lembang Palangi, Kecamatan Balusu, Toraja Utara, Rabu 20 Oktober lalu. Dok (Erlin/JNI).


Lebih lanjut, Yorry menggatakan, setelah itu sorenya beliau akan kembali ke Toraja Utara dan rencana menginap di lolai. Kemudian keesokan paginya beliau akan berolahraga di kawasan lolai jam 8 pagi. 


"Senin 22 November 2021 direncanakan akan mengunjungi desa wisata Nonogan. Usai mengunjungi Desa Wisata di Lembang Nonogan beliau akan langsung ke bandara dan kembali ke Jakarta," tambahnya.


Yory menambahkan, jadi sasaran utama adalah dalam rangka menilai kunjungan Desa Wisata Nonogan yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.


Ia menjelaskan aktivitas desa wisata di Nonogan adalah aktivitas yang sering dilakukan masyarakat setiap harinya dikemas dalam bentuk sajian wisata.


Hadirnya menteri Sandiaga Uno, lolai ini makin lebih dikenal lagi oleh daerah luar hingga ke mancanegara. Semoga melalui momentum ini sebagai peluang emas bangkitnya kembali pariwisata di Toraja Utara.


"Kunjungan Menteri Pariwisata ini, kedepannya, kita berharap semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Toraja Utara. Karena potensi pariwisata di Toraja Utara ini luar biasa. Jadi selain kita punya potensi objek, sekarang desa wisata juga menjadi destinasi unggulan," ujarnya.


Anjloknya para penggunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara selama kurang lebih 2 tahun. Lantaran pariwisata kita terdampak imbas dari covid 19. 


Kita berharap mudah-mudahan Desa Nonongan ini bisa menjadi juara dalam penilaian lomba desa wisata se- Indonesia.


 (Erlin)