Harga BBM Jenis Pertalite Naik Rp 7850 per liter di Torut
-->

Advertisement Adsense

Harga BBM Jenis Pertalite Naik Rp 7850 per liter di Torut

60 MENIT
Minggu, 28 November 2021

60menit.co.id | Harga BBM Jenis Pertalite Naik Rp 7850 per liter di Torut.


60MENIT.co.id, Toraja Utara | PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, menetapkan harga terbaru jenis Pertalite dengan harga Rp 7.850 per liternya, pada Minggu (28/11/2021).


Adapun harga sebelumnya merupakan harga diskon kepada konsumen yang semula harga BBM jenis Pertalite Khusus (PLK) promo tahap I harga Rp 6.850 per liter hemat 1000 dari harga normalnya Rp 7.850 per liter. Secara perlahan di promo tahap II naik Rp 7.250 per liter.


Namun belakangan, Pertalite Khusus yang harganya Rp 6.850 per liternya. Setelah itu dinaikkan lagi dengan harga Rp 7.250 dan kemudian naik lagi, Sabtu (27/11) menjadi Rp 7.850 per liter. Artinya kembali ke harga normalnya pada Minggu pagi (28/11).


Berdasarkan pantauan 60menit.co.id di sejumlah SPBU di Torut, Minggu (28/11), Jam 8.00 pagi. Terlihat di mesin dispenser, jenis pertalite sudah kembali ke harga normal dengan harga Rp 7.850 per liter dengan sebutan Bahan Bakar Khusus (BBK).


Dikonfirmasi salah satu SPBU di Torut yang enggan disebutkan namanya menjelaskan kenaikan atau perubahan harga BBM jenis pertalite atau biasa disebut PLK itu. Infonya masuk secara dadakan. 


"Itupun, pemberitahuan tersebut masuk ke kami Minggu (28/11) dini hari. Keesokan paginya kita sesuaikan harga Rp 7.850 per liternya di mesin dispenser (pompa). Kami hanya ikuti petunjuk. Lantaran itu keputusan dari Pertamina regional Sulawesi, Makassar," ujarnya.


Lebih lanjut, kata dia, BBM jenis PLK Kemarin itu bukan subsidi melainkan diskon atau kebijakan oleh pihak Pertamina yang dikemas dalam bentuk Program Langit Biru (PLB).


"Terkait yang kemarin pak. BBM jenis pertalite dikatakan khusus lasim disebut PLK bukan subsidi pemerintah melainkan diskon atau kebijakan pihak Pertamina dalam rangka Program Langit Biru (PLB). Sedangkan untuk saat ini, Minggu (28/ 11/2021). Bukan pertalite khusus lagi   sebutannya tapi berganti nama Bahan Bakar Khusus (BBK) yang di jual umum (reguler). Tidak ada lagi diskon atau subsidi," imbuhnya.


Sementara itu harga BBM jenis Pertamax Turbo harga, Pertamax Ron 92, Dextalite, Bio solar subsidi, masih dalam harga normal.


Berikut harga BBM yang masih normal yang di himpun berdasarkan pantauan 60menit.co.id di sejumlah SPBU di Torut.


- Pertamax Turbo harga Rp 12.000,- per liter.

- Pertamax Ron 92 harga Rp 9.200,- per liter.

- Dextalite Rp 9.700,- per liter.

- Bio solar subsidi Rp 5.150,- per liter.


Hanya jenis BBK pertalite yang mengalami perubahan harga yang semula harga Rp 7.250,- per liternya berubah harga Rp 7.850 per liter. Untuk diketahui, tidak terjadi kenaikan harga melainkan promo tahap I dan II November 2021 telah berakhir. Dan Kembali ke harga normalnya.


Sementara, salah seorang pengendara roda dua (R2) Bara' (60) warga Karassik di konfirmasi 60menit.co.id, saat hendak antri untuk mengisi BBM di salah satu SPBU di Torut siang tadi.


Ia mengungkapkan sedikit kekesalannya selama dua bulan terakhir harga sewaktu waktu berubah. Sebab membuat bingung dan terkesan harga di bolak-balik.


"Pokoknya memberatkan masyarakat ini. Kalau saya pribadi itu harga BBM jangan di bolak balik. Artinya sudah turun naik, turun naik alias panas dingin. Kalau sekalian naik ya..Naik aja. Sekalian turun ya.. turun sekalian. Apalagi kita ini masih kesulitan di tengah terpuruknya mata pencaharian akibat pandemi. Cuman itu pesan saya buat Pertamina pusat jangan mainkan harga BBM," ungkapnya, Ne' Bara', dengan nada kesal.


(Erlin)