Kurang Kesadaran Masyarakat Mengenai Sampah, Satgas Sub 06 Sektor 22 Bersihkan Sungai Perbatasan
-->

Advertisement Adsense

Kurang Kesadaran Masyarakat Mengenai Sampah, Satgas Sub 06 Sektor 22 Bersihkan Sungai Perbatasan

60 MENIT
Rabu, 17 November 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 bersihkan Sungai Kalimalang Perbatasan Cimahi Kota Bandung, Rabu (17/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Keberadaan sampah, terutama sampah rumah tangga masih banyak didapati di Sungai. Hal ini menandakan masih banyak masyarakat yang memiliki kesadaran rendah, akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.


Menyikapi situasi tersebut, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 6 Melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di anak sungai kali Malang di perbatasan Kota Bandung dan Cimahi. Rabu (17/11/2021)


Dansub 6 Peltu Aris Santoso mengatakan, langkah ini diambil karena, masih banyak tindakan oknum masyarakat yang tidak bijak dalam memperlakukan sampah.


Dicontohkannya seperti membuang sampah dengan sembarangan ke tempat-tempat umum, ke sungai,  selokan, parit, ke bawah atau samping rumah dan pinggir jalan.


"Padahal kita tahu sampah yang tidak dikelola dan berada di tempat yang salah bisa menimbulkan masalah baru. Makanya ini dilakukan bersih-bersih sampah di sungai". Ujar Aris.


Aris menjelaskan, permasalahan sampah bisa menimbulkan berupa penyakit, yang bisa jadi sarang nyamuk, tikus dan hewan lainnya. Dan lebih mengerikan berdampak pada kesehatan tanah, air dan lingkungan yang tanpa disadari menggerogoti kesehatan warga dan masyarakat secara luas.


"Ini untuk kita semuanya, maka dari itu semoga melalui kegiatan ini merupakan upaya mengkampanyekan pentingnya kebersihan lingkungan dan bagaimana bahaya sampah, serta  sikap bijak memperlakukan sampah,  baik sampah organik maupun sampah plastik". Jelasnya.


Aris menambahkan, melalui kegiatan ini pihaknya berharap agar masyarakat berperan aktif dalam menjaga lingkungan. "Jadi, jagalah lingkungan dan jangan sepelekan tentang hal tersebut". Pungkasnya.


(M. Warman)