Memonitor Longsor di Gegerkalong, Kolonel Eppy Gustiawan Bersama Aparat DPU Awasi Evakuasi Sungai Cibeureum
-->

Advertisement Adsense

Memonitor Longsor di Gegerkalong, Kolonel Eppy Gustiawan Bersama Aparat DPU Awasi Evakuasi Sungai Cibeureum

60 MENIT
Minggu, 21 November 2021

60menit.co.id | Tampak Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22 Citarum Harum) bersama Ka UPT DAS Kota Bandung, didampingi Dansub 07 (Peltu Bayu DC).


60MENIT.co.id, Bandung | Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22 Citarum Harum) mengunjungi lokasi longsor di Sungai Cibeureum wilayah Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Minggu (21/11/2021). 


Bersama Ka UPT DAS DPU Kota Bandung (Erni Setiawati, S.Sos, M.Si.,), Dansektor 22 didampingi Dansub 07 (Peltu Bayu DC.), memantau longsor bantaran Sungai Cibeuereum ini disebabkan oleh guyuran hujan intensitas tinggi, sehingga tanah di daerah aliran sungai menjadi labil terisi air.


"Dari kita inginnya meminimalkan bencana alam seperti yang kita lihat disini, walaupun disekeliling bantaran sungai dipenuhi pohon bambu namun berkat diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus hingga longsor pula jadinya," ujar Eppy. 


Ketahanan tanah wilayah tepian sungai di Gegerkalong ini merupakan tekstur yang labil, ditambah tergolong pada lempengan perbukitan yang bersatu ke wilayah Lembang. Maka perlunya pengerasan fisik melalui tembok penahan tanah yang kondusif. 



Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu mewaspadai segala kejadian bencana, maka sangat riskan bagi masyarakat yang memiliki bangunan rumah tinggal di wilayah bantaran sungai.


Menurut Kolonel Eppy Gustiawan tingkat bencana longsor tahun sekarang jumlahnya mengurang atau tidak separah beberapa tahun kebelakang. "Mungkin juga ini terjadi saking sudah banyak bangunan liar di tepian bantaran sungai ditertibkan, saya harap masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah bantaran harus meningkatkan kewaspadaannya," Imbuh Eppy. 


Bersama lurah Gegerkalong kalong bapak Beben serta Kasiekbang kecamatan Sukasari ibu hajah hurry.


Aksi Mitigasi ini oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah ditingkatkan, sebagai langkah any di musim hujan yang sering terjadi di tahun-tahun ke belakang. 


"Kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu siap dan waspada terhadap bencana termasuk kali ini kita bersama DPU Kota Bandung, anggota Satgas Subsektor 07 melakukan normalisasi arus sungai Cibeureum yang terdampak longsor," ujar Eppy. 


Turut hadir pada kesempatan ini yaitu Lurah Kelurahan Gegerkalong (Beben Rubianto, S.IP., M.M.,) dengan mengerahkan anggota Gobernya melakukan perapihan longsoran dan evakuasi tempat kejadian.


Selain tanah longsoran yang menutupi aliran sungai, satgas dan anggota melakukan evakuasi merapihkan pohon bambu yang tumbang terbawa longsor.


(zho)