Reaksi Cepat dari Satgas Sub 02 Sektor 22 Pada Evakuasi Longsor di Anak Sungai Cikapayang
-->

Advertisement Adsense

Reaksi Cepat dari Satgas Sub 02 Sektor 22 Pada Evakuasi Longsor di Anak Sungai Cikapayang

60 MENIT
Minggu, 14 November 2021

60menit.co.id | Tampak Dansub 02 Sektor 22 (Peltu M. Nur Suhud) berjabat tangan dengan Aparat Warga RW.02 Kel. Cigadung Cibeubying Kaler, Minggu (14/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Kota Bandung kembali diguncang longsor, sekarang ini di wilayah Kelurahan Cigadung RT.08 RW.02 Kecamatan Cibeubying Kaler.


Sudah menjadi sebutan yang melekat bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 dengan cepat tanggap mendatangi lokasi longsor, Dipimpin Peltu M. Nur Suhud semua anggota satgas bersama tim baraya sektor 22 untuk berjibaku menyelesaikan evakuasi dan perapihan longsoran tersebut.


"Kita melakukan penanganan bencana longsor, yang dikerjakan secara gabungan bersama tim URC Dinas Pekerjaan Umum (DPU) di Anak Sungai Cikapayang Rw 02 rt 08 Cigadung Cibeubying Kaler," kata Nur Suhud.




Perapihan longsoran tanah yang menutupi Anak Sungai Cikapayang hingga beberapa kubik tanah membuat rata saluran sungai.


Peltu Nur Suhud menambahkan, longsor ini terjadi karena hujan deras dengan intensitas tinggi sehingga debit air sungai naik dan melumerkan tanah sempadan sungai, sehingga dapuran bambu yang menumbuhi terbawa tumbang. 


"Sebenarnya situasi seperti ini bagi sungai sangat riskan, karena masih banyak sungai yang tidak memiliki pengerasan Tembok Penahan Tanah (kirmir), mudah-mudahan kedepannya hujan tidak terlalu tinggi," harap Nur Suhud. 



Perawatan sungai yang mencakup dengan daerah aliran sungai, sudah dijadikan program yang baku oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, sehingga eksistensinya di lapangan menyaingi petugas sungai dari pemerintah daerah. 


Sikap ini sudah merupakan karakteristik prajurit TNI sehingga menjadi profil yang berjiwa kemasyarakatan yang tinggi. 


Masyarakat sudah paham akan bakti TNI kepada masyarakat, dengan sebutan bahwa TNI Manunggal Rakyat.


Pasca evakuasi longsoran, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 melakukan hal yang biasa dikerjakan, yaitu melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial, sebagai salahsatu upaya untuk mencegah warga membuang sampahnya ke sungai.


(zho)