Ciptakan Kenyamanan Natal dan Tahun Baru, Serka Haedar Dansub 1 Sektor 3 Pimpin Karbak di Desa Maruyung
-->

Advertisement Adsense

Ciptakan Kenyamanan Natal dan Tahun Baru, Serka Haedar Dansub 1 Sektor 3 Pimpin Karbak di Desa Maruyung

60 MENIT
Jumat, 24 Desember 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 3 Sub 1 Karya Bakti di Anak Sungai Desa Maruyung, (zho).


60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 3 Sub 1 malakukan karyabakti di Anak Sungai Desa Maruyung dan lingkungan sekitarnya, jelasnya wilayah Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung.


Dipimpin Dansubsektor 01, Serka Haedar  menurutnya pelaksaan karyabakti ini dalam rangka menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, Jumat (24/12/2021).


"Selain masifnya upaya penciptaan sungai bersih dan sehat sesuai target Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018, karya bakti ini merupakan sambutan kita menjelang Natal dan Tahun Baru 2022," jelas Haedar.


Serka Haedar mengerahkan anggota sub 1 dibantu oleh masyarakat setempat dengan target sasaran sampah domestik yang berserakan di pinggir jalan, bantaran dan aliran sungai.


Anak Sungai Desa Maruyung (zho)


Dalam perawatan sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 3 memerhatikan keutuhan daerah aliran sungai supaya tidak mudah runtuh ketika diterjang aliran sungai dengan debit air yang tinggi disamping sampah domestik.


"Kita tetap konsisten pada Perpres 15/2018 sebagai payung hukum gerakan Satgas, yaitu melaksanakan percepatan penanggulangan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai, sehingga sungai bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak dan tidak mudah terjadi bencana," masih kata Haedar.


Tidak menutupi kenyataan, bahwa selama ini masih ada warga yang belum patuh pada tertib kelola sampah, walaupun Satgas Sektor 3 Citarum Harum masif setiap hari melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mendasar kepada program Mentri Kesehatan RI.


Haedar pun mengatakan bahwa hal ini tidak semudah membalikan telapak tangan, namun penertiban perlu ditegakkan baik pada masyarakat apalagi bagi pelaku industri. "Kita terus berupaya, walaupun secara bertahap yang penting target Citarum Harum bisa tercapai sesuai target," imbuhnya.


Hasil pembersihan diangkut dibuang ke TPS terdekat.


Hal diatas disebabkan karena heterogennya sikap dan karakter masyarakat. Maka secara perlahan dan berkesinambungan Satgas Sektor 3 terus berupaya memberikan edukasi berupa komunikasi sosial dengan tema sosialisasi program Citarum Harum.


"Setiap hari kita lakukan komunikasi sosial, dengan asupan supaya warga tidak membuang sampah sembarangan, kegiatan ini dilakukan karna ingin membangun rasa keharmonisan, kenyamanan dan kekompakan di Desa Maruyung menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru," harap Haedar.


Pada pelaksanaan karya bakti ini Dansub Sektor 1 Sektor 3 Satgas Citarum Harum didampingi Staf Sektor 3 (Serda Achmad Rezxy) sehingga bisa mengatur bersama dalam memimpin anggotanya.


(zho)