Membaca Surat Yasin buat Orang Mati itu Sangat Berguna
-->

Advertisement Adsense

Membaca Surat Yasin buat Orang Mati itu Sangat Berguna

60 MENIT
Selasa, 14 Desember 2021

60menit.co.id | Kitab Ar-ruuh (Sumber redaksi)

Ilmu ini kami sampaikan berdasar dari seorang Ulama' Wahabi (Nara sumber)

Membaca Surat Yasin buat Orang Mati itu Sangat Berguna.

Mari kita Kaji Kitab Karya Ibnul Qoyyim Al-jauziyah, "Kitab Ar-ruh, jilid 1 hal. 24 ".

____________________________________________


Syeikh Al-khollal menuturkan bahwa syeikh Asy-sya'bi berkata, bahwasanya sahabat-sahabat dari kalangan anshor, ketika salah seorang dari mereka ada yang meninggal, mereka berbondong-bondong mendatangi kuburannya dan membaca al-qur'an disitu".


Abu Yahya An-naqid mengabarkan, bahwa dia mendengar Hasan Al-jarawi bercerita sebagai berikut, suatu hari saya melewati makam saudara perempuanku, lalu di sisi makam saya membaca surat tabarok, karna saya ingat akan banyaknya fadhilah surat tersebut.


Selepas kejadian itu, ada seorang lelaki mendatangiku dan berkata, saya bermimpi melihat saudara perempuanmu berkata begini, "semoga Allah beri balasan kebaikan untuk Abu Ali (jukukan Hasan Al- jarawi) karna saya memperoleh banyak manfaat dari apa yang dia baca".


Ibnul Qoyyim (penulis kitab) berkata, telah mengabarkan padaku Hasan bin Hai'im, bahwa Abu Bakar bin Athrosy bin Abi Nashr At-tamar telah bertutur begini, "bahwa ada seorang lelaki yang selalu datang ke makam ibunya tiap hari jum'at dan membaca surat Yasin disitu, hal itu selalu dia lakukan di hari-hari jum'at berikutnya, dan selesai baca yasin dia berdoa "Ya Allah,,jika memang kau janjikan pahala buat pembacaan surat yasin ini, maka jadikanlah pahala itu untuk semua penghuni kubur disini", 


Cuplikan isi kitab tersebut, yang disodorkan oleh Ulama Wahabi.


Hingga pada jum'at berikutnya si laki-lqki tiba-tiba didatangi seorang perempuan, seraya berkata, "apakah engkau si fulan bin fulanah itu?. Sesungguhnya saya punya anak perempuan yang mati dan dikubur disini, saya melihatnya dalam mimpi nampak dia sedang duduk di sisi kuburnya.


Ketika saya tanya untuk apa kamu duduk disini? anak saya menjawab, bahwa ada seorang lelaki yang rajin mendatangi makam ibunya tiap hari juma't lalu membaca surat yasin, dan dia menghadiahkan pahalanya buat semua penghuni kubur, maka kami memperoleh bagian dari pahala itu sehingga kami pun memperoleh ampunan dan memperoleh banyak manfaat lainnya...".


Walloohu Bisawab... Segala kebenaran akan mendapat kebaikan. Hanya ini kami pedomani.

(zho)