Perjuangan Satgas Sektor 22 Sub 06, Seperti Aksi Yang Dilakukan di Pembersihan Sungai Cipenya
-->

Advertisement Adsense

Perjuangan Satgas Sektor 22 Sub 06, Seperti Aksi Yang Dilakukan di Pembersihan Sungai Cipenya

60 MENIT
Kamis, 02 Desember 2021

60menit.co.id | Seorang Satgas sub 06 Sektor 22 sedang melakukan pembersihan rumput laut liar di Sungai Cipenya wilayah Kelurahan Cigondewah Kidul, Kamis (2/12/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai semakin digencarkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, dipimpin oleh Dansub 06 (Peltu Aris Santoso) dalam setiap aksinya dibarengi Tim Baraya Sektor 22. 


Seperti hari ini melakukan perawatan sungai di wilayah RW. 02 Kelurahan Cigondewah Kidul Kecamatan Bandung Kulon di Sungai Cipenya, Kamis (2/12/2021).


Peltu Aris Santoso selalu memotivasi kepada anggotanya, supaya lebih bersemangat dalam menjalani tugasnya sebagai pejuang tangguh dalam penataan lingkungan untuk menuju kebaikan sesama terutama pelestarian alam dan lingkungan.


"Kami terus memotivasi pada anggota supaya tidak terbawa arus karakter jelek masyarakat. Soalnya sebagai Satgas Citarum Harum harus menjadi penggerak mereka untuk pemajuan daerahnya," kata Aris.


Motivasi tersebut dilakukan pula kepada pasukan Gober kewilayahan, yaitu sebagai penerus kegiatan yang akan bisa meraih masyarakat lainnya, walau perlu dorongan yang kuat dari pemerintah daerah sebagi penentu kebijakan.


Masyarakat akan diam stagnan jika tidak ada penyemangat dari aparat daerahnya. Ketentuan ini sudah baku untuk menjunjung tinggi sifat harmonisasi dalam tatanan masyarakat. Bahkan akan membentuk suatu peradaban yang tinggi ditengah lingkungan yang maju.


"Pengorbanan Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam pergerakannya merupakan ajudikasi yang menerapkan paradigma kepedulian lingkungan kepada masyarakat, yaitu dengan menjunjung tinggi kebersamaan. Soalnya suksesnya pembangunan lingkungan perlu bergerak bersama-sama," imbuh Aris.


60menit.co.id


Dengan cara bergerilya Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial secara langsung dengan masyarakat, yaitu dengan tema sosialisasi program Citarum Harum sebagai landasan pemajuan lingkungan yang bersih dan sehat dengan menanam Pola Hidup Bersih dan Sehat.


Langkah ini sebenarnya sebuah konsep yang paten dan benar adanya, satgas sendiri sudah terfokus pada konsep yang nyata sehari-hari dilakukan oleh masyarakatnya.


"Program Citarum Harum ini mengusung kebersamaan yang tinggi, yaitu mengembangkan konsep gotong royong yang harus mulai dibangun kembali dari masyarakat. Itu yang kami lakukan untuk suksesnya Program Citarum Harum," timpal Aris. 


Penerapan ini setiap hari dilakukan Satgas Citarum Harum, dengan harapan jika banyak masyarakat mengerti akan konsepnya maka secara berkesinambungan akan tersampaikan kepada masyarakat yang lainnya.


(zho)