Walaupun Sampah di Sungai Cigede Minim, Satgas Sub 14 Sektor 22 Tetap Jalankan Pembersihan
-->

Advertisement Adsense

Walaupun Sampah di Sungai Cigede Minim, Satgas Sub 14 Sektor 22 Tetap Jalankan Pembersihan

60 MENIT
Senin, 20 Desember 2021

60menit.co.id | Sungai Cigede-Mengger (zho).


60MENIT.co.id, Bandung | Sampah yang mengotori Sungai Cigede di wilayah Kelurahan Mengger Kecamatan Bandung Kidul dibersihkan oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 dipimpin Serka Fery Fernanto selaku komandan subsektor.


Fery mengatakan, sampah domestik yang mengotori sungai kini semakin sedikit, namun demikian pembersihan harus tetap dijalankan, Senin (20/12/2021).


"Kita disini melihat sedikit sampah domestik, namun sungai tetap kotor yang didominasi oleh rumput liar di tepian sungai sangat subur," kata Fery.


Patroli Sungai (zho)


Lebatnya rumput liar yang mengotori sungai merupakan ciri bahwa sungai tersebut kurang dari perawatannya. Sehingga kondisi sungai seperti tidak terurus dan terkesan tidak membuat betah.


Menurut Serka Fery Fernanto perlunya perawatan sungai adalah sebuah kewajiban, karena ini merupakan aset pemerintah yang perlu dirawat supaya sungai tidak menjadi salahsatu penyebab bencana.


"Perlunya perawatan sungai yaitu supaya kondisinya tetap terjaga, kita akan tahu kelemahan dan kekurangannya daerah aliran sungai jika ada yang rusak disitu bisa kita perbaiki sehingga bencana robohnya tanggul sungai bisa diminimalisir," jelas Fery.


Komunikasi sosial (zho)


Pembersihan di sungai ini Satgas Sub 14 berhasil mengangkat sampah sebanyak 60 kg dari panjangnya pembersihan 75 M. Untuk menguatkan niatan warga supaya tidak membuang sampah ke sungai, Satgas melakukan komunikasi sosial kepada warga.


"Berbekal materi program Citarum Harum kami melakukan sosialisasi kepada warga melalui komunikasi sosial yang sudah baku dilakukan setiap hari oleh satgas Sektor 22," tutup Fery.


(zho).