Aksi Satgas Sektor 22 Sub 03 di Sungai Cilimus, Isyarat Motivasi Pembangunan Pemerintah Daerah
-->

Advertisement Adsense

Aksi Satgas Sektor 22 Sub 03 di Sungai Cilimus, Isyarat Motivasi Pembangunan Pemerintah Daerah

60 MENIT
Kamis, 06 Januari 2022

60menit.co.id | Anggota Sub 03 Sektor 22 di Sungai Cilimus. (zho)


60MENIT.co.id, Bandung | Aksi rutin dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 kembali bersemangat di pembersihan Sungai Cilinus oleh anggota Sub 03.


Aksi yang dipimpin Serka Wahyu (Dansub 03) melakukannya di wilayah Rw. 03 Kelurahan Dungus Cariang Kecamatan Cicendo, Kamis (6/01/2022).


Motivasi Dansub 03 kepada anggotanya, Serka Wahyu menyampaikan pada apel pagi sebelum aksi pembersihan sungai dimulai.


Ia menyampaikan, sejalan dengan 4 Tahun program Citarum Harum kita harus lebih fokus pada penciptaan sungai bersih dan sehat.


"Yaitu melalui edukasi kepada masyarakat harus lebih berdampak positif, dilengkapi dengan patroli sungai sebagai penertiban perilaku juga aksi pembersihan sungai harus lebih ke ajakan moral. Sehingga warga merasa iba dan bangkit pada pendukungan program Citarum Harum," ujar Wahyu.


Gerakan yang diciptakan Satgas Sektor 22 pada penggagasan emosional warga untuk lebih peduli kebersihan sungai dan lingkungan, yaitu meluaskan gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


Apel pagi rutin sebelum aksi (zho)


Sehingga gagasan ini sangat beririsan dengan program pemerintah daerah yang selama tidur dan stagnan kini terbangun lagi oleh gagasan Satgas Sektor 22.


"Bercermin ke PHBS selain pada penerapan paradigma kepada masyarakat, kami bergerak pada keseriusan pembangunan Kolam Retensi. Yaitu sebagai fasilitas mitigasi warga dalam pencegahan bahaya banjir yang sudah langganan setiap tahunya," imbuh Wahyu.


Satgas Sektor 22 di pembangunan Kolam Retensi hanya melakukan pengawasannya saja, menurutnya ini merupakan salahsatu bentuk pendukungan pada tata kelola sungai dan jaringannya.


Banyak hal yang dilakukan Satgas Sektor 22 untuk membuat tata kelola planologial yaitu menata lingkungan dan sungai dari percepatan pencegahan kerusakan daerah aliran sungai sebagai langkah mitigasi turut andil pada pembangunan pemerintahan daerah.


(zho)