Di Mako Polda Jabar, Aksi Demo GMBI Berujung Ricuh
-->

Advertisement Adsense

Di Mako Polda Jabar, Aksi Demo GMBI Berujung Ricuh

60 MENIT
Jumat, 28 Januari 2022

60menit.co.id | Aksi demo GMBI di Polda Jabar, Jl. Soekarno Hatta, Kamis (27/01/2022) - Foto : zho.


60MENIT.co.id, Bandung | Ribuan Massa GMBI mendatangi Mapolda Jabar, pertanyakan kejelasan tak terungkapnya kasus pengeroyokan yang berujung anggotanya menjadi korban dan meninggal di beberapa waktu ke belakang.


Demo dari ribuan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dari berbagai distrik, menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).


Copot Kapolda Jabar, yel-yel ini terungkap dengan teriakan yang jelas, mereka meminta Kapolri harus mencopot Kapolda Jabar (Irjen Pol. Drs. Suntana M.Si.,yang dianggap tidak mampu mengungkap kasus keroyokan hingga meninggal anggota GMBI beberapa waktu kebelakang.


Massa GMBI mempertanyakan kejelasan kasus pengeroyokan anggota GMBI hingga seorang meninggal dunia, pada pertengahan November 2021 lalu tidak ada putusan yang jelas.


Namun, aksi yang sempat menutup jalan Soekarno-Hatta ini berakhir ricuh. Selain itu, sempat terjadi aksi saling dorong antara massa dengan petugas. 


Bahkan, aksi saling dorong berlanjut hingga ke gerbang Mapolda Jabar yang mengakibatkan pintu gerbang roboh. 


Selain itu, petugas juga sempat mengamankan beberapa orang yang diduga menjadi provokator. 


Kendaraan Water Canon dikeluarkan untuk mencoba mengurai massa yang beringas. Aksi saling kejar polisi dan massa pun sempat terjadi. 


(**)