Pembukaan Kembali Saluran Anak Sungai Citepus Yang Tertutup, Bersama Satgas Sub 13 Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Pembukaan Kembali Saluran Anak Sungai Citepus Yang Tertutup, Bersama Satgas Sub 13 Sektor 22

60 MENIT
Selasa, 18 Januari 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 di anak Sungi Citepus wilayah RW 03 Kelurahan Cibaduyut Kec Bojongloa Kidul.


60MENIT.co.id, Bandung | Kekompakan Satgas Citarum Harum Sektor 22 bisa teruji pada giat harian di lapangan, yaitu perawatan sungai ataupun saluran. Sebagai upaya menciptakan kebersihan sungai.


Satgas Sub 13 misalnya, yang dipimpin Sertu Dhea Dwi Bhakti kali ini membersihkan anak Sungai Citepus wilayah Rw. 03 Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul, menjunjung tinggi kebersamaan dengan kewilayahan, Selasa (18/01/2022).


"Anak sungai ini nyaris tidak terlihat karena tertutup oleh gulma di lapangan, padahal jika diperjelas dengan saluran yang layak maka fungsi mengalirkan airnya normal bisa mengurai banjir langganan di wilayah ini," tegas Dwi nama akrab Dansub 13 sektor 22 Citarum Harum.


Sertu Dhea Dwi Bhakti mengarahkan anggota aksi pembersihan supaya saluran ini terbuka jelas, dengan penataan wilayah airnya diperlancar dan normal anak sungai yang layak.


Ia mengatakan bahwa tujuan pembersihan ini merupakan normalisasi saluran. Yaitu saluran air yang sudah kritis rusak kini dibuka kembali supaya bisa mengalirkan air dengan normal.



Mengeruk sedimentasi saluran.


"Kita buka kembali saluran ini, tentunya dengan pembersihan gulma dan pengangkatan sedimentasi saluran yang sudah padat hampir menutupi anak sungai, Alhamdulillah sekarang bisa lancar kembali," tegas Dwi 


Percepatan penanganan kerusakan daerah aliran sungai merupakan salahsatu tugas utama yang tertera di Perpres 15 Tahun 2018, gerakan ini termasuk digunakan kepada anak sungai atau parit sekalipun.


Satgas Sektor 22 bisa memantau bahkan survrif pada normalisasi yang tidak terawasi oleh dinas dibidangnya. Sehingga satgas ini bisa menjadi motor bagi kedinasan lebih-lebih di pemerintahan kewilayahan.


Untu itu Sertu Dhea Dwi Bhakti bersama anggota melakukan komunikasi sosial kepada warga dan mengenduskannya ke aparat kewilayahan.


(zho)