Warga RT 7 Sepinggan Baru Balikpapan, Kaltim, Gencar Adakan Ronda
-->

Advertisement Adsense

Warga RT 7 Sepinggan Baru Balikpapan, Kaltim, Gencar Adakan Ronda

60 MENIT
Senin, 10 Januari 2022

60menit.co.id | Yunus, Ketua Rt. 7 (Anto)


60MENIT.co.id, Balikpapan | Guna mewujudkan rasa aman dan nyaman, warga RT 7 Kelurahan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur, gencar mengadakan ronda bersama. Siskamling untuk kamtibmas yang diinisiasi Yunus selaku Ketua RT 7 ini, sudah berlangsung 3 bulan terakhir.


Ronda bersama ini dilakukan secara bergiliran setiap malam tanpa kecuali. Hal ini direspon positif warga. Seperti dilontarkan Roland Hutasoit.  Menurut warga RT 7 ini, sejak ada ronda di wilayah tersebut, rasa aman dan nyaman di malam hari sangat terasa. 


"Kita bisa istirahat tanpa harus was-was lagi, karena yg bertugas ronda setiap larut malam keliling untuk memantau wilayah sekitar sampai menjelang pagi hari," ujar Roland, saat ditemui di rumahnya, Minggu sore (9/1). Roland sejauh ini juga dikenal sebagai Aktivis Perkumpulan Pengawas Independen Indonesia (WASINDO).


Darwis, Sesepuh Rt. 7 (Anto)


Hal sama disampaikan Darwis, warga lain yang juga sesepuh RT 7. Pasalnya, sebelum ada ronda, kerap terjadi gangguan kamtibmas yang mengakibatkan warga harus waspada. Tindak kriminal berupa pencurian kerap terjadi. Akibatnya, beberapa warga atau KK menjadi korban di malam hari. 


Kegiatan Ronda (Anto)


"Saya selaku Ketua RT harus selalu bertanggungjawab penuh atas kenyamanan warga saya, dan tentunya semua keputusan terlebih dahulu melalui musyawarah bersama warga," tegas Ketua RT 7, Yunus, penuh antusias. 


(anto)