Kembangkan Buruan SAE, Satgas Sub 2 Sektor 22 Melalui Bios 43
-->

Advertisement Adsense

Kembangkan Buruan SAE, Satgas Sub 2 Sektor 22 Melalui Bios 43

60 MENIT
Sabtu, 05 Februari 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 2 membantu warga kembangkan Buruan SAE, Sabtu 5/02/2022 (M. Warman)


60MENIT.co.id, Kota Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 2 bersama Karang Taruna melakukan menyiramkan Bios 44 di lahan tandus yang akan di buat Buruan Sehat, Alami, Ekonomi (SAE) Rw. 09 Kelurahan Sukapada Kecamatam Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Sabtu (5/2/2022).


Menurut Dansub 2 (Peltu Nur Suhud) aksi nyata ini bertujuan untuk memulihkan kembali lahan tandus menjadi tanah yang subur agar dapat dimanfaatkan masyarakat.


Ia menuturkan, cairan Bios 44 tersebut disiramkan pada lahan yang tidak produktif serta taman yang tidak terawat.


"Dengan melibatkan masyarakat dan karang taruna, penyiraman bios 44 di buruan SAE guna mendukung ketahanan pangan di masa pandemi". Tuturnya.


Dia menjelaskan, dengan melakukan penyiraman Bios 44, tanah yang ada di buruan SAE akan terurai menjadi lebih subur. Selain itu, cairan tersebut membuat lahan gambut tidak akan mudah terbakar.


Bahkan nantinya, akan membantu perkembangan lahan terbengkalai menjadi lahan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga lahan-lahan itu akan lebih subur, dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bercocok tanam.


Ditempat terpisah, Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan menjelaskan, cairan Bios 44 ini bisa digunakan tak hanya untuk pertanian saja, melainkan juga bisa digunakan untuk perkebunan dan perikanan.


"Bios 44, adalah gabungan simbiosis mutualisme dalam bentuk larutan yang sudah di formulasi yang terbukti efektif untuk menyuburkan tanah, sehingga lahan yang tadinya kurang produktif bisa berdaya kembali". Jelasnya.


Menurutnya, hasil inovasi TNI AD ini, Bios 44 merupakan ramah lingkungan, jika ditebar di pertanian atau perikanan maupun perkebunan akan menjadi lebih produktif, karena terjaga ekosistemnya.


Intinya sebut Dansektor, bagaimana keberadaan TNI, khususnya Satgas Citarum Harum Sektor 22 beserta jajaran dalam bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan, guna kesejahteraan bersama.


"Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tujuan kita bagaimana masyarakat ini sejahtera secara ekonomi". Pungkasnya.


(M. Warman)