Pengerukan Sungai Cinambo Wilayah Babakan Penghulu, Terpantau Lancar Oleh Satgas Sektor 22 Sub 11
-->

Advertisement Adsense

Pengerukan Sungai Cinambo Wilayah Babakan Penghulu, Terpantau Lancar Oleh Satgas Sektor 22 Sub 11

60 MENIT
Senin, 07 Februari 2022

60menit.co.id | Salahsatu Alat Berat sedang mengeruk Sungai Cinambo, Senin 7/02/2022 (zho)


60MENIT.co.id, Bandung | Upaya percepatan penanggulangan pencemaran dan Kerusakan daerah aliran sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan beberapa pengerukan sungai disamping gerak fisik lainya.


Satgas Sub 11 dipimpin Serma Abdulloh Fawzi melakukan monitoring pengerukan Sungai Cinambo wilayah Kelurahan Babakan Penghulu Kecamatan Cinambo, Senin (7/02/2022).


Menurut Serma Abdulloh Fawzi pada monitoring pengerukan sungai ini merupakan salahsatu upaya untuk memerbaiki kerusakan sungai, baik sedimen sungai maupun sendatan lain yang memengaruhi kelancaran aliran arus air sungai.


"Pada prinsipnya kita terus berupaya untuk memerbaiki kerusakan sungai, terutama pengerukan sedimentasi yang selam ini membuat sungai tersendat sehingga bisa berakibat bahaya banjir ke lingkungan, dengan normalisasi ini semoga aliran air sungi bisa lancar," kata Abdulloh.

 

Segala kendala yang membuat sungai rusak, Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus melakukan terobosan, termasuk konsolidasi dengan beberap dinas pemerintahan yang memiliki potensi dibidang sungai untuk melakukan normalisasi ataupun konservasi sungai.


Hasil konsolidasi ini Satgas Sektor 22 terus melakukan kerjasama dalam kegiatan perawatan ataupun perbaikan daerah aliran sungai, melalui pengerukan maupun perawatan lainnya yang bersifat normalisasi sungai.


Abdulloh Fawzi menambahkan, dalam aksi yang selama ini berjalan, Satgas Sektor 22 melakukan pemantauan agar hasil yang didapat sesuai dengan rencana yaitu kelancaran aliran sungai kembali normal dan kerusakan daerah aliran sungai bisa teratasi.


"Semua bisa bergerak sesuai dengan kemampuan dan fungsinya masing-masing, kita sebagai satgas mengarahkan kepada ahlinya di lapangan bahwa bagian mana saja yang harus dilakukan perbaikan, tentunya semua harus berpedoman pada petunjuk Perpres 15/2018, yaitu percepatan penanggulangan Kerusakan Daerah Aliran Sungai," imbuh Abdulloh.


Untuk menghindari kerusakan sungai lebih parah lagi, Satgas Sub 11 melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, dengan materi pemaknaan kepedulian terhadap perawatan sungai dan kebersihan sungai dengan tujuan maju supaya sungai berstatus sehat sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.


(zho)