Sidak ke Pabrik Kecap Dansub 06 Sektor 22, Peltu Aris : Akan Tindak Tegas Jika Perusahaan Tidak Benar Ipalnya
-->

Advertisement Adsense

Sidak ke Pabrik Kecap Dansub 06 Sektor 22, Peltu Aris : Akan Tindak Tegas Jika Perusahaan Tidak Benar Ipalnya

60 MENIT
Sabtu, 19 Februari 2022

60menit.co.id | Dansub 06 Sektor 22 Citarum Harum, Peltu Aris Santoso melakukan Sidak di Pt. Mitra Alam Food Pelaku Usaha pembuatan saos dan kecap di Rt 04 rw 01 kel Cigondewah Rahayu kec Bakul, Sabtu 19/02/2022, (zho).


60MENIT.co id, Bandung | Penertiban Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, hari ini melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di perusahaan produksi kecap dan saos Pt. Mitra Alam Food wilyah Kelurahan Cigondewah Rahayu Kecamatan Bandung Kulon.


Tepatnya di Rt. 04 Rw. 01 Pt. Mitra Alam Food diteliti seluruh unit yang berkaitan dengan pengeluaran limbah yang dibuang ke lingkungan dan sungai, Dansub 06 Peltu Aris Santoso menanyakan secara eksekutif persuasif pada keberadaan Ipal Perusahaan.


Menurut Peltu Aris Santoso, hasil inspeksi di Pt. Mitra Alam Food perusahaan ini sudah memiliki kolam penampungan, namun ada beberapa elemen yang belum terpasang di outlet kolam, sehingga perusahaan ini harus memperbaikinya, Sabtu (19/02/2022).


"Sudah mempunyai Bak Ipal penampungan  limbah akan tetapi perusahaan ini belum maksimal pada instalatornya sehingga air limbah masih belum pas pada syarat baku mutu," kata Aris.


Kondisi akhir air limbah pabrik Pt. Mitra Alam Food yang dibuang.


Prinsip yang digunakan Satgas Sub 06 pada penelitian kontruksi Ipal Perusahaan adalah masih manual, namun demikian hasil akhir Satgas akan membawanya ke laboratorium untuk lebih menentukan kadar air sesuai dengan standar baku mutu.


Pada aksi yang masif dilakukan ini Peltu Aris Santoso berharap bahwa semua Industri apapun jika membuang limbah harus memenuhi standar aturan yang berlaku. Salahsatunya adalah demi perwujudan Sungai yang sehat dan bersih.


"Kita mengacu ke 2 Tahun kedepan, yang mana program Citarum Harum habis disitu, oleh karena itu semua palaku industri kita berlakukan supaya tertib dalam mengolah Ipalnya. Jika masih melanggar maka akan kami cor saluran pembuangan Ipalnya," tegas Aris 


Pada kesempatan tersebut Peltu Aris Santoso menyarankan kepad pemilik perusahaan (Solihin) Agar lebih memaksimalkan dalam pengolahan limbahnya, supaya industri terus berjalan dan air limbah yang dibuang sesuai dengan standar baku mutu yang benar.


(zho)