Upaya Alih Fungsi Lahan Kritis di KBU, Satgas Sektor 22 Sub 17 Sediakan Bibit Pohon Tanaman Keras
-->

Advertisement Adsense

Upaya Alih Fungsi Lahan Kritis di KBU, Satgas Sektor 22 Sub 17 Sediakan Bibit Pohon Tanaman Keras

60 MENIT
Minggu, 27 Februari 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17 melakukan perawatan Bibit Tanaman Keras. Minggu 27/02/2022 (Bu.: Zhovena)


60MENIT.co.id, Cimenyan | Perguliran perkembangan lahan kritis di Kawasan Bandung Utara (KBU) semakin terlihat ada. Yaitu dengan gencarnya penanaman pohon tanaman keras oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17 secar bertahap dilakukan.


Kepada awak media Sertu Tasban Doloan selaku Dansub 17 mengatakan, upaya penghijauan lahan kritis di KBU Cimenyan setiap hari secara bertahap dilakukannya. 


Upaya pada peningkatan bibit pohon tanaman keras ini sebagai langkah untuk meningkatkan mutu kesuburan bibit pohon. Sehingga jika dilakukan penanaman akan mencapai daya tumbuhnya hingga dewas bisa terjangkau 90 %. Minggu (27/02/2022).


"Jika mencapai usia tanam, bibit pohon keras ini bisa tumbuh dominan tingkat kesuburannya akan menjamin daya tumbuh yang positif. Yaitu dengan perawatan dan aksi yang rutin dari Satgas Sub 17," kata Sertu Tasban.


Perawatan bibit pohon tanaman keras yang dilakukan sub 17. Melalui penyeliaan tanaman, pemupukan, pengobatan serangan insekta dan penggemburan media tanam dengan serapan air yang seimbang.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 berencana untuk mengalihkan fungsinya lahan kritis ke lahan hijau Hutani.


"Dengan konsistensi kami dari Satgas Sektor 22 Sub 17 pada pengembangan pohon keras, yaitu untuk ditanam di KBU Cimenyan yang masih kritis luasnya ratusan hektar lagi. Disamping perawatan pohon yang sudah di tanam oleh pihak kami di tahun-tahun ke belakang supaya tumbuh subur hingga usia pohon dewasa," ujar Tasban.


Disamping itu Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17, melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, supaya mereka sadar betapa pentingnya Tanaman Keras di KBU untuk mencegah bencana banjir di mus hujan dan kemarau berkepanjangan.


(zho)