Kondisi Sungai Membaik, Aris Santoso Dansub 06 Sektor 22 Hasil Patroli Sungai di Wilayahnya
-->

Advertisement Adsense

Kondisi Sungai Membaik, Aris Santoso Dansub 06 Sektor 22 Hasil Patroli Sungai di Wilayahnya

60 MENIT
Rabu, 02 Maret 2022

60menit.co.id | Kondisi Sungai Cipenya pasca dibersihkan oleh Satgas Sektor 22 Sub 06, Rabu 2/03/2022 (by ; Zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Seperti gambar diatas, tampak Sungai Cipenya di Cigondewah Rahayu Bandung Kulon jika sungai dirawat dengan rutin dan benar maka akan terlihat rapih dan indah setelah dipandang bersih.


Itulah salahsatu cita-cita yang tergores dalam Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018, selain memancarkan keindahan karena bersih tentunya tidak terkontaminasi limbah kimia yang menyebabkan rusaknya ekosistem di dalam air.


Sungai Cipenya pasca dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, yang dipimpin Dansub Peltu Aris Santoso bisa mengangkat sampah domestik sebanyak 150 kg dari sepanjang 100 M sungai yang dibersihkan, Rabu (2/03/2022).


"Di Sungai Cipenya ini kita lebih banyak menemukan sampah domestik dedaunan yang membusuk, termasuk sampah rumput liar hasil dari kita bersihka dari dinding kirmir. Kalo sampah domestik rumahan tidak begitu signifikan, hanya beberapa lembaran plastik saja," kata Aris Santoso.


Kondisi Sungai Cipenya sedang dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06.


Hal ini menunjukkan suksesi dari sosialisasi baik door to door, tatap muka di lembaga pendidikan atau pemerintahan juga aksi sosial melalui turun langsung ke sungai dengan pembersihannya yang nyata.


Namun demikian, Peltu Aris Santoso pasca aksi pembersihan sungai ia langsung membagi anggotanya untuk berbagi wilayah dalam penugasan patroli sungai dan komunikasi sosial secara door to door kepada masyarakat bantaran sungai.


"Kita temui beberapa warga bantaran sungai seperti biasa kita sampaikan tujuan program Citarum Harum, utamanya pelarangan membuang sampahnya ke sungai. Saat itu kita berbarengan melakukan patroli sungai, dibeberapa wilayah sungai ini dalam kondisi baik," kata Aris.


Pada operasi sungai tersebut masing-masing anggota mengatakan, yaitu warna air bening, tidak berbau dan tidak berbusa begitupun sampah domestik tidak ditemukan secara berlebihan namun ada sebagian kecil yang perlu dibersihkan dari rumput liarnya.


(zho).