Kolonel Eppy Gustiawan, Hadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi : Suksesi Citarum Harum Sebuah Kamajuan di Semua Sektor
-->

Advertisement Adsense

Kolonel Eppy Gustiawan, Hadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi : Suksesi Citarum Harum Sebuah Kamajuan di Semua Sektor

60 MENIT
Senin, 04 April 2022

60menit.co.id | Suasana Rapat Koordinasi dan Evaluasi Satgas Citarum Harum, dipimpin oleh Dansatgas Citarum Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil, Senin 4/04/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Dr. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., bertempat di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Doponegoro No.22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. 


Rapat Koordinasi dan Evaluasi langsung dipimpin Dansatgas Citarum (Gubernur Jawa Barat) merupakan sebuah tolakukur dari program Citarum Harum, sehingga bisa teruji kamajuan progres saat memasuki tahun ke 5, dari target 7 Tahun terhitung sejak 2 Februari 2018 hingga Tahun 2024.


Gubernur Jawa Barat berharap target 3 Tahun berjalan, progres Citarum Harum harus maksimal baik melalui hasil fisik sungai maupun paradigma masyarakat.


"Kita harap, dalam kurun waktu 3 tahun kedepan penanganangan Citarum bisa lebih maksimal," singkatnya.


Kasdam mengatakan, dalama internal Kodam penanganan Citarum merupakan operasi teritorial. Dimana, aturan operasi ada batas waktu, anggaran, ditentukan banyak orangnya dan sasarannya.

“Harapannya dengan kordinasi dan evaluasi karena konsep di Tahun 2022 lebih ada melibatkan naradamping, pemda, dan Polda. Kami juga berharap pada para dansektor apa yang dievaluasi kemarin dicermati betul, wilayahnya dikembangkan, mari bersama-sama sesuai tugas fungsi masing-masing agar apa yang ditugaskan negara tercapai dengan baik,”katanya.

Sementara itu, para hadirin mengapresiasi kinerja Satgas Citarum Harum yang telah bahu-membahu demi kemajuan Citarum. Termasuk diantaranya berkonrtibusi dalam mengharumkan nama Jawa Barat pada Konferensi Perubahan Iklim COP26 di Glasgow pada akhir tahun 2021 lalu masih berpengaruh di Indonesia.

“Kemajuan Citarum sudah disampaikan gubernur di Glasgow dan alhamdulilah banyak apresiasi karena sudah ditangani cukup baik,” kata Mayjend TNI (Purn) Dedi Thamim, Selaku wakil ketua harian Satgas Citarum Harum.

Tampak para Kepala Dinas yang harus menunjang pada Perkembangan Program Citarum Harum se Jawa Barat.


Mengacu pada ucapan Dansatgas Citarum, Ridwan Kamil mengucapkan penanganan Daerah Aliran Sungai Citarum jadi role model apabila ada masalah lain karena ditangani dan didukung oleh TNI maupun Polri.

“Itu esensinya, kunci sinergitas kita semua, dan terima kasih untuk teman-teman semua,” tuturnya.

Rapat koordinasi dan evaluasi ini dihadiri oleh, Kepala BBWS Citarum, Kementerian PUPR, Dansektor 1 hingga 23 CH, Kaban PPD Prov Jabar, selaku koordinator Monev, Kadishut Jabar, Kadis LH Jabar, Kadis Perumahan dan Permukiman Jabar, Kadis PUTR Jabar, Kadis DSDA Jabar, Kadis DPMD Jabar, Kadis Kominfo Jabar, Dirkrimsus Polri dan Tim Ahli Satgas PPK DAS Citarum.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Barat memaparkan, bahwa pemajuan Progres Citarum Harum akan meluangkan pada perkembangan dari berbagai aspek, selain aspek benarnya kondisi DAS Citarum dan paradigma masyarakat, maka perkembangan lainya yaitu bidang destinasi wisata.

Keseluruhan perkembangan berhasilnya Program Citarum Harum akan menghasilkan aspek penghijauan hutan, kembalinya alih fungsi lahan menjadi hijau yang Hutani, "Hal ini akan meningkatkan kualitas pariwisata, yang didukung oleh pemajuan industri yang menghiraukan lingkungan nabati dan sehat disitu akan menjunjung perkembangan Jawa Barat ke depan," jelas Ridwan Kamil.

Masing-masing bidang yang hadir akan memertanggung jawabkan terhadap keberhasilan Program Citarum Harum.


(zho)