Pelda Saeful, Dansub 14 Sektor 22 Citarum Harum Sidak di Pt Yasako Industri
-->

Advertisement Adsense

Pelda Saeful, Dansub 14 Sektor 22 Citarum Harum Sidak di Pt Yasako Industri

60 MENIT
Sabtu, 23 April 2022

60menit.co.id | Pelda Saeful, Dansub 14 Sektor 22 Citarum Harum ketiak Sidak ke PT. Yasako (pabrik textile) Jl. Moch Toha No. 392 Kelurahan Wates Kecamatan Bandung Kidul, Sabtu 23/04/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Setiap hari Satgas Citarum Harum Sektor 22 bergerak menyelia Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) ke setiap pelaku industri. Menurut Pelda Saeful selaku Dansub 14/22 bahwa ini salahsatu upaya untuk mempercepat progres Citarum Harum.


Dansub bersama anggota sub 14 Sektor 22 melaksanakan pengawasan dan pengecekan air limbah PT. Yasako, sebuah perusahaan industri penyempurnaan kain milik Hendra Imawan di wilayah Jl. Moch Toha No. 392 Kelurahan Wates Kecamatan Bandung Kidul, Sabtu (23/04/2022)


Lebih lanjut Pelda Saeful menuturkan, bahwa Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu mendukung pada perkembangan Perekonomian Rakyat, diharap tumbuh kembangnya sebuah perusahaan supaya lebih maju lagi harus menyelaraskan legalitasnya dengan pemerintah daerah dan kewilayahan.


"Terutama kepedulian lingkungan sebagai dasar keberangkatan perusahaan tersebut, jika diawali dengan kebaikan di lingkungannya saya jamin kesananya juga akan baik, oleh karena itu saya anjurkan bahwa para penggiat industri harus tertib Ipalnya sesuai Bakumutu yang ditentukan oleh pemerintah," kata Saeful.



Pelda Saeful menambahkan, Penyeliaan Ipal di Pt. Yasako ini Satgas Sub 14 mengambil hasil bahwa persahaan ini sudah mempunyai IPAL dan telah melakukan uji air limbah secara berkala di Laboratorium Komite Akreditasi Nasional.


Dengan hasil Lab pada bulan April 2022 yaitu, 

a. BOD = 32,5 mg/L (Baku mutu 60)

b. COD = 55 mg/L (Baku mutu 150)

c. TSS = 5,7 mg/L (Baku mutu 50)

d. pH = 7,5 (Baku mutu 6 - 9)


"Ini aman, bahwa PT. Yasako sudah memiliki surat perizinan yang syah dan ketentuan bakumutu juga sudah sesuai, pelaksanaan pengawasan dan pengecekan air limbah di PT. Yasako berjalan kondusif dan humanis," ujar Saeful.


Namun tetap selaku Satgas Citarum Harum, Pelda Saepul mengimbau supaya PT. Yasako agar selalu mengecek serta menjaga limbah yang dihasilkan agar tidak mencemari lingkungan. 


(zho)